Mengapa Dilarang Memberi Tip kepada Petugas Parkir di Mal?

Kompas.com - 17/06/2020, 09:22 WIB
Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara. airportparkingreservations.comIlustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kebiasaan yang sering berlaku di masyarakat ketika menggunakan jasa tertentu adalah memberikan tip. Salah satunya, kepada petugas parkir yang berada di pusat perbelanjaan.

Namun, ada regulasi pada pengelola parkir atau mal yang melarang konsumen memberikan tip kepada petugas parkir. Biasanya ada tulisan ‘no tipping’ pada beberapa sudut parkiran sampai baju para petugas parkir.

Lantas, mengapa demikian?

Baca juga: Parkir di Mal Tak Perlu Pencet Tombol, Cukup Lambaikan Tangan

Ketua Indonesia Parking Assosiation (IPA), Rio Octaviano, mengatakan, petugas tersebut sebenarnya sudah mendapat gaji dan dari gaji tersebut mereka sudah mendapatkan prosedur (SOP) yang diminta oleh perusahaan.

“Ada beberapa permasalah yang terjadi diparkiran, salah satunya manusia yang berhubungan langsung dengan uang kadang kebaikannya bisa hilang,” ujar Rio kepada Kompas.com, Selasa (16/6/2020).

Seorang juru parkir bertransaksi dengan pengendara di kawasan Kelapa Gading, Kamis (17/1/2019).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Seorang juru parkir bertransaksi dengan pengendara di kawasan Kelapa Gading, Kamis (17/1/2019).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rio menjelaskan, misal ketika petugas parkir melakukan tugasnya (memarkir kendaraan) kemudian mereka selalu diberikan tip oleh pengemudi, yang ditakutkan adalah potensi petugas tersebut yang selalu mengharapkan tip.

Baca juga: New Normal, Bisnis Otomotif Diprediksi Mulai Membaik

“Nantinya ketika mereka bekerja, tujuan utama mereka adalah untuk mendapatkan tip. Jika suatu hari ada orang yang tidak memberikan tip, perlakukannya akan berubah, sikapnya jadi tidak sopan dan tidak ramah, karena ekspektasi nya tidak terpenuhi,” katanya.

Pada akhirnya yang dirugikan karena sikapnya adalah perusahaan parkir, sebab perusahaan parkir sudah memberikan gaji yang sesuai dengan kesepakatan yang dibuat dengan petugas parkir.

Rio menegaskan, memang tidak semua petugas parkir seperti itu, namun regulasi ini dilakukan untuk menghilangkan potensi petugas parkir berbuat tidak sopan kepada orang lain hanya karena tidak memberi tip.

“Bukan perusahaan parkir ‘pelit’ tidak memperbolehkan pengemudi memberi tip kepada petugas, sebab ini sebuah komitmen yang sudah dibangun sejak awal,” lanjut Rio.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X