7 Fitur Keamanan Wajib di MotoGP, Salah Satunya Batu Kerikil

Kompas.com - 12/06/2020, 16:11 WIB
MotoGP Inggris 2019. MotoGPMotoGP Inggris 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun para pebalap MotoGP sudah menggunakan perlengkapan berkendara yang terbaik, tapi fitur keamanan pada sirkuit juga tidak boleh dilupakan. Sebab, fitur- fitur keamanan tersebut juga dapat menyelematkan nyawa pebalap.

Dikutip dari BoxRepsol.com, ada beberapa fitur keamanan pada sirkuit yang dapat membuat jalannya balapan di MotoGP menjadi lebih aman.

Baca juga: Trik Irit BBM Motor MotoGP, Selang Bensin Sampai Dijepit

1. Marshal

Marshal akan diberikan pos untuk memantau jalannya balapan. Kehadiran marshal tidak hanya untuk memastikan regulasi berjalan dengan baik, tapi juga harus memperhatikan setiap seksi pada trek untuk mengevaluasi kondisi yang ideal untuk balapan.

Jika kondisi kurang baik, marshal akan melapor pada Race Director atau memberi tahu langsung pada pebalap melalui kode pada bendera yang dikibarkan.

Dengan mengibarkan bendera, marshal juga dapat menginformasikan pebalap apakah ada masalah teknis pada motor atau pebalap tersebut didiskualifikasi. Marshal juga jadi yang pertama menolong pebalap yang mengalami insiden.

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, highside crash di tikungan keenam pada menit-menit akhir sesi FP1 MotoGP Australia 2019 yang digelar di Sirkuit Philip Island, Australia, Jumat (25/10/2019).TWITTER.com/MOTOGP Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, highside crash di tikungan keenam pada menit-menit akhir sesi FP1 MotoGP Australia 2019 yang digelar di Sirkuit Philip Island, Australia, Jumat (25/10/2019).

2. Airfence

Pagar yang terbuat dari balon dengan bahan khusus ini juga dinilai sangat ampuh dalam menyelamatkan pebalap yang mengalami insiden kecelakaan.

Airfence mampu menyerap benturan dengan sangat baik, sehingga memberikan dampak yang sangat kecil pada pebalap dan motornya saat terseret atau terhempas ke luar trek.

Airfence sering kali ditempatkan di run-off area di tikungan yang terdapat ruang terbatas untuk melakukan manuver. Fitur keselamatan ini hanya ditempatkan pada titik-titik yang dianggap krusial.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Box Repsol
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X