Note e-Power Batal Masuk Indonesia, Nissan Pilih Fokus di SUV dan MPV

Kompas.com - 16/06/2020, 17:01 WIB
Nissan Note e-Power versi pasar Jepang yang diuji coba di Indonesia, Senin (23/10/2017). Febri Ardani/KompasOtomotif Nissan Note e-Power versi pasar Jepang yang diuji coba di Indonesia, Senin (23/10/2017).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) pada pertengahan 2019 lalu sempat berencana membawa dua kendaraan elektrifikasi ke pasar Indonesia, yakni Nissan Note e-Power dan Leaf.

Namun hal tersebut saat ini rupanya hanya tinggal wacana semata. Pasalnya, Presiden Direktur PT NMI Isao Sekiguchi mengatakan, bila dari kedua model yang direncanakan, hanya Leaf saja yang bakal masuk ke Indonesia.

Sedangkan untuk Note e-Power sendiri, Sekiguchi menegaskan bila mobil berkubikasi 1.200 cc tersebut tidak terlalu cocok untuk dipasarkan di Indoensia lantaran modelnya yang tidak sesuai dengan selera.

Baca juga: Pabrik Tutup, Nissan Masih Mau Jualan Kicks e-Power di Indonesia

"Note itu hatchback yang mana tidak begitu bagus market-nya di Indonesia. Jadi kami tidak akan memasukan Note karena masyarakat Indonesia suka dengan MPV dan SUV tujuh penumpang," ujar Sekiguchi dalam wawancara khusus dengan Kompas.com, Senin (15/6/2020).

Nissan Note e-Power menggunakan mesin 1.2L dan motor listrik serta inverter.Febri Ardani/KompasOtomotif Nissan Note e-Power menggunakan mesin 1.2L dan motor listrik serta inverter.

Menurut Sekiguchi, ke depannya Nissan Indonesia akan lebih fokus pada jenis mobil penumpang yang memang secara pasar cukup digemari dan cocok untuk konsumen di Tanah Air, yakni SUV dan MPV.

Alasan ini pula yang membuat Nissan akhirnya lebih memilih memasukkan Kicks e-Power yang hadir sebagai compact SUV dibandingkan Note e-Power. Bahkan ke depannya, Nissan akan memiliki banyak lini produk lainnya untuk MPV dan SUV bersama dengan aliansinya di Indonesia, yakni Mitsubishi.

Baca juga: Meski Tutup Pabrik, Nissan Pastikan Enggan Lari dari Indonesia

Namun demikian, meski tak sesuai jadwal, tapi untuk Leaf sendiri Sekiguchi memastikan akan tetap membawanya ke Indonesia karena menjadi bagian dari rencana jajaran kendaraan elektrifikasi Nissan.

Nissan Kicks e-Power resmi diluncurkan di ThailandNissan Global Nissan Kicks e-Power resmi diluncurkan di Thailand

Mobil full listrik yang hadir dengan teknologi e-Powertrain baru serta e-Pedal tersebut, akan resmi mengaspal dalam waktu dekat di Indonesia. Bahkan ada satu lagi mobil listrik yang juga sedan disiapkan.

"Rencana kami ke depan bagaimana berkonsentrasi terhadap produk yang disukai di Indonesia, jadi SUV dan MPV serta beberapa model elektrifikasi lainnya. Ini adalah perubahan besar untuk Nissan, tidak lagi ada hatchback dan sedan untuk Indoensia," ucap Sekiguchi.

Baca juga: Menu Mobil Bekas Rp 100 Jutaan, Bisa Dapat Toyota Camry

Mobil listrik Nissan Leaf di Karawang, Jawa Barat. Mobil listrik Nissan Leaf di Karawang, Jawa Barat.

"Untuk Leaf kami tetap pada rencana, jadi akan tetap masuk ke Indonesia. Ada produk EV baru lagi untuk Indonesia, namun pada saat ini kami masih dalam tahap studi lebih dulu," kata dia.

Demikian juga untuk X-Trail terbaru, menurut Sekiguchi hal tersebut masih dalam tahap kajian dan studi sebelum diputuskan untuk meluncur di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.