Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Kasih Kode Step WGN e:HEV Bakal Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 24/07/2024, 10:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

KOMPAS.com, TANGERANG - Selain membawa e:N1 yang dinjanjikan bakal menjadi mobil listrik pertamanya di Indonesia pada 2025, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga menampilkan Step WGN e:HEV dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Honda Step WGN e:HEV merupakan mobil bergenre multi purpose vehicle (MPV) dengan teknologi hybrid, yang dikembangkan dari model legendarisnya dan sudah dipasarkan sejak 1996 di Jepang.

Ada alasan khusus kenapa Honda membawa Step WGN hybrid dalam ajang GIIAS kali ini, yakni untuk mempelajari kebutuhan konsumen di berbagai segmen di Indonesia yang salah satunya menyasar pada MPV tujuh penumpang untuk keluarga.

Baca juga: Daihatsu Rocky Tampil Beda di GIIAS 2024, Kental Aura Petualang

Honda Step Wagon GIIAS 2024KOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda Step Wagon GIIAS 2024

 

Terlebih, teknologi yang digunakan Step WGN sudah mengusung hybrid atau masuk dalam jajaran mobil elektrifikasi yang tak hanya menjanjikan keiritan bahan bakar, tapi juga ramah lingkungan.

Karena itu, pada momen GIIAS tahun ini, Honda pun berupaya untuk mengumpulkan animo serta pendapat dari pengunjung terhadap Step WGN.

Marketing and After Sales Director Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan, dari hasil survei internal yang dilakukan, banyak konsumen yang menginginkan MPV dengan ruang yang lebih besar.

"Dari hasil survei internal yang kami lakukan cukup bagus ya, banyak yang antusias dengan Step WGN apalagi mobil ini masuk di segmen MPV," kata Billy kepada Kompas.com, Minggu (21/7/2024).

Hal ini seakan jadi kode atau sinyal Honda untuk memasarkan Step WGN di Indonesia. Apalagi saat ini pabrikan juga tak memiliki produk MPV boxy pintu geser sejak Freed resmi diberhentikan penjualannya pada 2015 silam dan Odyssey pada 2021.

Baca juga: Test Drive BYD M6 Laris Manis di GIIAS 2024

Bila Honda Step WGN benar-benar dipasarkan di Indonesia, artinya mobil ini akan menjadi rival langsung bagi Toyota Voxy dan Nissan Serena e-Power yang saat ini sudah resmi dijual.

Tak hanya itu, melihat dari teknologi hybrid yang diusung, bisa jadi Honda Step WGN ikut menyenggol Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, tinggal bagaimana soal strategi harganya nanti.

Estimasi

Bicara soal harga, meski saat ini belum ada patokan resmi namun berdasarkan hasil survei yang dilakukan di ajang GIIAS kebanyakan mengacu di bawah Rp 700 juta.

"Kebanyakan pengunjung yang kita survei itu kalau harga untuk mobil ini (Step WGN) di kisaran Rp 650 jutaan, ada juga yang Rp 670 jutaan," ucap petugas survei di booth Honda dalam ajang GIIAS 2024.

Baca juga: Alasan Honda Tak Bawa HR-V Hybrid Justru Step WGN

Honda Step Wagon GIIAS 2024KOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda Step Wagon GIIAS 2024

Saat ditanya soal pendapat pengunjung, petugas tersebut mengatakan, sebagian besar menyukai kelapangan kabin di baris kedua dan ketiga, baik dari sisi head room sampai leg room.

"Kebanyakan suka karena lapang untuk keluarga, apalagi yang punya dua sampai tiga anak untuk perjalanan jarak jauh. Baris pertama dari dasbor ada yang suka ada juga yang bilang sedikit kurang futuristik," katanya.

Honda Step WGN e:HEV memiliki dimensi panjang 4.830, lebar 1.750, tinggi 1.845 mm, dan wheelbase 2.890 mm. Tak heran bila kabinnya cukup lapang.

Untuk urusan mesin, Step WGN mengusung dapur pacu berkapasitas 2.000 cc yang dipadukan motor listrik. Hasil tenaganya di atas kertas sebesar 143 Tk dan torsi mencapai 175 Nm.

Baca juga: Indonesia Siap Terapkan B40 untuk Kendaraan Bermotor

Honda Step Wagon GIIAS 2024KOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda Step Wagon GIIAS 2024

Honda juga telah menyematkan teknologi Honda Sensing yang terdiri dari beberapa fitur asistensi dan keselamatan aktif seperti Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), Lead Car Departure Notification System (LCDN), dan Collision Mitigation Brake System (CMBS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau