Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Note e-Power Batal Masuk Indonesia, Nissan Pilih Fokus di SUV dan MPV

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) pada pertengahan 2019 lalu sempat berencana membawa dua kendaraan elektrifikasi ke pasar Indonesia, yakni Nissan Note e-Power dan Leaf.

Namun hal tersebut saat ini rupanya hanya tinggal wacana semata. Pasalnya, Presiden Direktur PT NMI Isao Sekiguchi mengatakan, bila dari kedua model yang direncanakan, hanya Leaf saja yang bakal masuk ke Indonesia.

Sedangkan untuk Note e-Power sendiri, Sekiguchi menegaskan bila mobil berkubikasi 1.200 cc tersebut tidak terlalu cocok untuk dipasarkan di Indoensia lantaran modelnya yang tidak sesuai dengan selera.

"Note itu hatchback yang mana tidak begitu bagus market-nya di Indonesia. Jadi kami tidak akan memasukan Note karena masyarakat Indonesia suka dengan MPV dan SUV tujuh penumpang," ujar Sekiguchi dalam wawancara khusus dengan Kompas.com, Senin (15/6/2020).

Menurut Sekiguchi, ke depannya Nissan Indonesia akan lebih fokus pada jenis mobil penumpang yang memang secara pasar cukup digemari dan cocok untuk konsumen di Tanah Air, yakni SUV dan MPV.

Alasan ini pula yang membuat Nissan akhirnya lebih memilih memasukkan Kicks e-Power yang hadir sebagai compact SUV dibandingkan Note e-Power. Bahkan ke depannya, Nissan akan memiliki banyak lini produk lainnya untuk MPV dan SUV bersama dengan aliansinya di Indonesia, yakni Mitsubishi.

Namun demikian, meski tak sesuai jadwal, tapi untuk Leaf sendiri Sekiguchi memastikan akan tetap membawanya ke Indonesia karena menjadi bagian dari rencana jajaran kendaraan elektrifikasi Nissan.

Mobil full listrik yang hadir dengan teknologi e-Powertrain baru serta e-Pedal tersebut, akan resmi mengaspal dalam waktu dekat di Indonesia. Bahkan ada satu lagi mobil listrik yang juga sedan disiapkan.

"Rencana kami ke depan bagaimana berkonsentrasi terhadap produk yang disukai di Indonesia, jadi SUV dan MPV serta beberapa model elektrifikasi lainnya. Ini adalah perubahan besar untuk Nissan, tidak lagi ada hatchback dan sedan untuk Indoensia," ucap Sekiguchi.

"Untuk Leaf kami tetap pada rencana, jadi akan tetap masuk ke Indonesia. Ada produk EV baru lagi untuk Indonesia, namun pada saat ini kami masih dalam tahap studi lebih dulu," kata dia.

Demikian juga untuk X-Trail terbaru, menurut Sekiguchi hal tersebut masih dalam tahap kajian dan studi sebelum diputuskan untuk meluncur di Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/16/170100015/note-e-power-batal-masuk-indonesia-nissan-pilih-fokus-di-suv-dan-mpv

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke