Pabrik Baru Beroperasi, Jualan Toyota Andalkan Stok di Diler

Kompas.com - 16/06/2020, 14:22 WIB
(ilustrasi) mobil-mobil yang diparkir di stock yard. TMMIN(ilustrasi) mobil-mobil yang diparkir di stock yard.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Penjualan mobil Toyota sampai akhir Juli 2020 masih bisa mengandalkan stok yang tersisa di diler. Oleh sebab itu, meskipun pabrik mulai beroperasi pada Juni ini, suplai tidak difokuskan untuk mengisi pasar domestik.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, suplai mobil dari pabrik ke diler untuk saat ini belum begitu banyak ( wholesales).

“Memang secara pabrikan, khususnya TMMIN, sudah mulai beroperasi di awal bulan Juni. Tapi terus terang masih lebih banyak untuk fokus ke ekspor,” ujar Anton, dalam diskusi virtual (15/6/2020).

Baca juga: Lolos Uji Tabrak, Toyota Bicara Kehadiran Raize di Indonesia

Jalur produksi Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indoneisa (TMMIN) di Karawang I, Senin (16/11/2015).Febri Ardani/KompasOtomotif Jalur produksi Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indoneisa (TMMIN) di Karawang I, Senin (16/11/2015).

“Karena stok kami di diler masih mencukupi, terhadap jumlah secara total dari prediksi penjualan tahun ini,” katanya.

Menurut Anton, dari sekian banyak jajaran produk Toyota, memang semuanya tidak ready stock. Khususnya untuk model-model yang diimpor secara utuh dari luar negeri (CBU/Completely Built Up).

“Contohnya saya cek produk CBU, khususnya Alphard. Ini sebenarnya jumlahnya cukup, tapi ternyata demand-nya cukup banyak naik di bulan ini,” tuturnya.

Baca juga: Usai Thailand, Begini Kabar Kehadiran Fortuner 2020 di Indonesia

Auto2000 Glodok PlazaKOMPAS.com/Ruly Auto2000 Glodok Plaza

“Jadi mungkin tipe dan warna tertentu harus inden, tapi secara umum bulan ini mobil-mobil kami ready stock,” ucap Anton.

Untuk diketahui, sebelumnya pabrik Toyota sudah aktif kembali mulai 2 Juni 2020, sejak berhenti dari 11 Mei hingga 1 Juni yang lalu.

Sementara pabrik Daihatsu yang membuat mobil Toyota seperti Avanza, Calya, dan Agya, berhenti beroperasi sejak 10 April, sudah kembali dibuka 3 Juni 2020.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X