Ini Spesifikasi Bus Gratis Bantuan Trayek Bodebek Tujuan Jakarta

Kompas.com - 16/06/2020, 11:39 WIB
Ada 50 bus gratis yang disediakan bagi warga Bogor yang hendak menuju Jakarta, terutama kalangan pekerja. Bus itu menunggu penumpang di samping Stasiun Bogor, tepatnya di Jalan Mayor Oking, Kota Bogor, Senin (15/6/2020). KOMPAS.com/RAMDHAN TRIYADI BEMPAHAda 50 bus gratis yang disediakan bagi warga Bogor yang hendak menuju Jakarta, terutama kalangan pekerja. Bus itu menunggu penumpang di samping Stasiun Bogor, tepatnya di Jalan Mayor Oking, Kota Bogor, Senin (15/6/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pengelola Tansportasi Jabodetabek ( BPTJ) menyediakan layanan bus gratis untuk membantu mengurangi jumlah penumpang KRL yang terlalu banyak. Layanan bus gratis ini hanya ada pada Senin pagi dan Jumat sore.

Angkutan bus alternatif ini sebenarnya sudah disediakan sejak 15 Mei 2020, namun seiring banyak perkantoran di Jakarta yang kembali beroperasi, jumlah bus yang disediakan tidak memadai.

Oleh karena itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Bogor turut menambahkan 60 unit bus sedang dan 22 bus besar dari Kementerian Perhubungan, sehingga totalnya menjadi 82 unit.

Baca juga: Daftar Diskon Mobil Baru, Harga Toyota Fortuner Dipotong sampai Rp 50 Juta

Kabin bus gratis dari BPTJBudi Rahardjo Kabin bus gratis dari BPTJ

Melihat dari bus yang digunakan, untuk yang besar terlihat memakai bus APTB berwarna biru. Sedangkan untuk bus sedang, menggunakan bus sekolah yang berwarna kuning.

Kepala Bagian Humas BPTJ, Budi Rahardjo mengatakan, setiap bus yang digunakan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan hanya diisi 50 persen dari kapasitasnya.

“Untuk bus besar, kapasitasnya 40 – 45 penumpang, namun hanya diisi setengahnya. Begitu juga pada bus sedang dengan kapasitas 35 penumpang yang hanya diisi kurang dari 20 orang,” ucap Budi kepada Kompas.com, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Pilihan SUV Bekas Rp 150 Jutaan, Terios-Rush Tahun Muda sampai CR-V

Untuk model bodi yang digunakan, Export Manager dari Karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, bus besar yang dipakai untuk armada gratis tersebut menggunakan bodi dari karoseri asal Ungaran tersebut.

“Memakai bodi generasi pertama Discovery, DC01. Sasis yang digunakan yaitu Hino RK8 R260,” kata Werry kepada Kompas.com.

Hino RK8 R260 menggunakan mesin diesel 7.684 cc 6 silinder segaris dengan turbocharger dan intercooler yang menghasilkan tenaga 260 PS di 2.500 rpm dan torsi maksimum 750 Nm di 1.500 rpm.

Bus sekolah gratisBudi Rahardjo Bus sekolah gratis

Sedangkan untuk bus sekolah, terlihat menggunakan bodi dari karoseri New Armada. Tipe bodi yang digunakan yaitu New Coaster dengan sasis Hino FB 130.

Spesifikasi mesin Hino FB 130 yaitu 4.009 cc diesel 4 silinder segaris dengan turbo intercooler yang menghasilkan tenaga 130 PS di 2.500 rpm dan torsi maksimum 362 Nm di 1.800 rpm.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X