Berikut Jadwal Bus Gratis Setiap Senin Pagi dari Bodetabek ke Jakarta

Kompas.com - 16/06/2020, 15:42 WIB
Sejumlah penumpang tampak duduk berjarak di dalam layanan bus gratis tujuan Jakarta, di Stasiun Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (15/6/2020). KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSANSejumlah penumpang tampak duduk berjarak di dalam layanan bus gratis tujuan Jakarta, di Stasiun Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (15/6/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Kota Bogor, dan Kementerian Perhubungan telah menyediakan 82 bus yang berangkat dari Bodetabek menuju Jakarta secara gratis.

Angkutan gratis ini sebagai alternatif dari melonjaknya penumpang KRL. Agar bisa terlaksana physical distancing pada KRL, disediakan bus gratis sebagai alternatif.

Bus gratis dengan tujuan beberapa stasiun di Jakarta ini hanya disediakan pada Senin pagi, dan dari arah Jakarta menuju Bodetabek pada Jumat Sore.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Bekas Juni 2020, Xpander Termahal di Kelas MPV Murah

Ada 50 bus gratis yang disediakan bagi warga Bogor yang hendak menuju Jakarta, terutama kalangan pekerja. Bus itu menunggu penumpang di samping Stasiun Bogor, tepatnya di Jalan Mayor Oking, Kota Bogor, Senin (15/6/2020).KOMPAS.com/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Ada 50 bus gratis yang disediakan bagi warga Bogor yang hendak menuju Jakarta, terutama kalangan pekerja. Bus itu menunggu penumpang di samping Stasiun Bogor, tepatnya di Jalan Mayor Oking, Kota Bogor, Senin (15/6/2020).

Hal itu disebabkan, saat Senin pagi dan Jumat sore, pengguna KRL mengalami peningkatan sehingga ketentuan jaga jarak di stasiun dan KRL dikhawatirkan tidak terpenuhi. Oleh karena itu, bus gratis ini ada sebagai alternatif.

Kepala Bagian Humas BPTJ, Budi Rahardjo mengatakan, bus alternatif hanya akan berangkat jika terjadi pelonjakan jumlah penumpang KRL. Jika jumlah penumpang KRL tidak menumpuk, bus tidak akan berangkat.

“Karena bus ini hanya sebagai alternatif, masyarakat diarahkan untuk menggunakan KRL terlebih dahulu. Bus baru dioperasionalkan dalam kondisi terjadi kepadatan jumlah penumpang KRL,” ucap Budi kepada Kompas.com, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Menu Mobil Bekas Rp 100 Jutaan, Bisa Dapat Toyota Camry

Titik keberangkatan dari area Bodetabek yaitu Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, Stasiun Bojong Gede, Stasiun Depok Baru, Stasiun Cikarang, Stasiun Tambun, Stasiun Cisauk, Stasiun Tangerang, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Tanah Tinggi.

Kemudian ada enam stasiun tujuan di Jakarta yaitu Stasiun Juanda, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Dukuh Atas, Stasiun Manggarai, Stasiun Duri, dan Stasiun Tebet.

Bus yang digunakan yaitu bus besar dan sedang dengan kapasitas 15 sampai 20 orang dengan memerhatikan imbauan jaga jarak antar penumpang. Bus mulai beroperasi jam 05.15 WIB sampai 08.30 WIB dengan selang waktu rata-rata 15 menit sekali.

Kabin bus gratis dari BPTJBudi Rahardjo Kabin bus gratis dari BPTJ

Berikut ini Jumlah Bus dan Jadwal Keberangkatan dari setiap titik:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X