Lakukan Ini Saat Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Kompas.com - 13/06/2020, 12:22 WIB
Ilustrasi motor Otomania/Setyo AdiIlustrasi motor
Penulis Ari Purnomo
|

SEMARANG, KOMPAS.com - Kejadian kehabisan bensin bisa terjadi pada semua jenis sepeda motor, termasuk yang sudah menggunakan teknologi injeksi.

Bagi para pemilik motor injeksi, mungkin ada beberapa yang sangat khawatir jika mengalami kejadian ini.

Tak sedikit yang beranggapan bahwa kehabisan bahan bakar minyak (BBM) akan membuat perangkat injektor mudah rusak.

Padahal, anggapan tersebut tidaklah benar. Motor injeksi yang kehabisan bensin ternyata tidak berpengaruh pada komponen injektor.

Baca juga: Motor Injeksi Tak Boleh Kehabisan Bensin, Mitos atau Fakta?

Akan tetapi, jika motor injeksi yang mengalami kejadian ini ternyata membutuhkan perlakuan berbeda saat pertama kali menghidupkannya.

Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang Fachrul Reza mengatakan, saat motor injeksi kehabisan bensin maka langkah yang pertama tentunya mengisinya dengan bensin.

"Setelah itu untuk menghidupkannya putar kunci on lalu gunakan starter elektrik atau manual," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (12/6/2020).

Reza menambahkan, jika motor belum juga bisa menyala jangan dipaksakan untuk terus memencet tombol starter elektrik, dengan tujuan agar mesin bisa lebih cepat hidup.

Pasalnya, memaksakan motor langsung hidup dengan memencet tombol elektrik dalam waktu yang lama justru bisa merusak komponen motor.

ilustrasi mesinHonda ilustrasi mesin

Baca juga: Cegah Kerumunan Massa, Satlantas Solo Sediakan Layanan Drive Thru Perpanjangan SIM

"Sekali pencet tombol starter elektrik jangan sampai lebih dari lima detik, kalau lebih bisa merusak komponen motor starter," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X