Ketahui Gejala Kopling Mobil Minta Jajan

Kompas.com - 13/06/2020, 11:42 WIB
Injakan kopling ngelos, pertanda ada masalah pada aliran minyak kopling. Otomania-Donny AprilianandaInjakan kopling ngelos, pertanda ada masalah pada aliran minyak kopling.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap komponen pada mobil memiliki usia pakai. Beberapa komponen tersebut dapat dirasakan saat usia pakainya mulai habis. Salah satunya adalah komponen kopling mobil

Gejala-gejala kerusakan pada kopling mobil bisa dideteksi lebih awal. Dengan begitu, pemilik kendaraan bisa segera menggantinya sebelum kerusakannya merembet ke komponen lain.

Baca juga: Pengguna Mobil Transmisi Manual Wajib Perhatikan Setelan Kopling

Umumnya, tiap pemilik mobil akan bisa merasakan perbedaan pada kendaraannya jika terjadi gangguan atau kerusakan. Sebab, biasanya mobil menjadi tak nyaman saat dikendarai.

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, mengatakan, ada beberapa ciri sederhana kopling mobil yang sudah perlu dilakukan pergantian.

"Indikasi awal yang bisa dirasakan adalah tenaga berkurang atau bisa disebut ngempos, terutama ketika mobil melalui tanjakan," ujar Nurrahman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Perhatikan Ini Saat Melakukan Pergantian Kampas Kopling Mobil

Nurrahman menambahkan, gejala berikutnya adalah tercium bau gosong apabila gesekannya besar, dan dalam waktu yang cukup lama.

"Gejala lain yang ditimbulkan, biasanya terasa sulit ketika akan memasukkan gigi persneling," kata Nurrahman.

Nurrahman mengatakan, dalam keadaan mesin dihidupkan, mobil tidak berjalan pada saat gigi persneling sudah dimasukkan dan pedal kopling dilepas. Kondisi tersebut juga termasuk gejala kopling perlu diganti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.