Polisi Pertimbangkan Tambah Waktu Dispensasi Perpanjangan SIM

Kompas.com - 10/06/2020, 10:12 WIB
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM) Kompas.com/Oik YusufIlustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Republik Indonesia tengah mempertimbangkan rencana perpanjangan masa dispensasi pengurusan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM), selama pandemi virus corona alias Covid-19.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, hal tersebut buntut dari antrean panjang para pemohon di sejumlah Satpas dan Polres beberapa waktu belakangan, usai dibuka kembali pada 30 Mei 2020.

"Ini sedang dihitung berapa SIM yang harus kami perpanjang. Kita lihat berapa potensi pemohonnya, kemudian dibandingkan dengan kapasitas produksi SIM harian. Setelah itu, baru kami ajukan untuk perpanjangan dispensasi," katanya saat dihubungi, Selasa (9/6/2020).

Baca juga: Ingat, Berkendara Masa PSBB Transisi Tetap Ada Aturannya

Tangkapan layar foto yang diunggah akun Instagram @jktinfo, Selasa (2/6/2020), menampilkan antrean pengunjung yang hendak memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) di kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) Jakarta Timur. Tangkapan layar Instagram Tangkapan layar foto yang diunggah akun Instagram @jktinfo, Selasa (2/6/2020), menampilkan antrean pengunjung yang hendak memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) di kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) Jakarta Timur.

Pasalnya, lanjut Sambodo, pemilik SIM di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang belum sempat melakukan perpanjangan karena layanan sempat disetop selama tiga bulan terakhir, cukup banyak.

"Ya kita lihat dahulu, sedang dikumpulkan (datanya)," ujar dia.

Diketahui, layanan perpanjangan SIM kembali dibuka akhir Mei 2010 setelah hampir tiga bulan ditutup karena pandemi virus corona.

Baca juga: Kapasitas Dibatasi, Pemohon SIM Tidak Perlu Berdesakan dan Buru-buru

Layanan perpanjangan SIM dibuka dengan pembatasan jam operasional, yakni pada Senin-Jumat dimulai pukul 08.00-13.00 WIB, dan Sabtu dimulai pukul 08.00-12.00 WIB.

Sejak kali pertama dibuka, masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan SIM membludak. Bahkan di beberapa Satpas dilaporkan pemohon sudah membentuk antrean sejak pukul 06.00 WIB.

Ruang tunggu foto untuk pembuatan SIM, di Satpas SIM Daan Mogot, Kamis (19/3/2020)Dokumentasi Satpas SIM Daan Mogot Ruang tunggu foto untuk pembuatan SIM, di Satpas SIM Daan Mogot, Kamis (19/3/2020)

Dalam upaya mencegah kerumunan, Polri kemudian memberikan dispensasi perpanjangan SIM yang masa berlakunya habis di periode 17 Maret hingga 29 Juni 2020.

Maka, para pemilik SIM dalam periode tersebut tak perlu membuat SIM baru, cukup melakukan perpanjangan sampai tanggal 29 Juni. Sebelumnya, masa dispensasi hanya berlaku hingga 29 Mei.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.