Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMI Tawarkan Honda Dream Cup Digelar di Sentul

Kompas.com - 09/06/2020, 20:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Dream Cup (HDC) yang menjadi ajang balap sekaligus pembibitan pebalap muda, belum bisa terlaksana akibat adanya pandemi Covid-19 atau virus corona.

Meski demikian, PT Astra Honda Motor (AHM) menyebutkan bahwa pihaknya masih mengadakan diskusi terkait penyelenggaraan HDC. Ikatan Motor Indonesia (IMI) menawarkan solusi agar ajang balap satu merek tersebut dapat tetap berjalan.

Baca juga: Balap OMR Yamaha dan Honda Bisa Digelar, tetapi dengan Syarat

"Kalau ingin menggelar balapan di Sentul akan kita izinkan. Tapi, dengan catatan, balapan tanpa penonton. Jika mengajukan balapan di luar Sentul, sampai saat ini saya belum mengizinkan," ujar Medya Saputra, Waktum Bidang Olahraga Sepeda Motor PP IMI.

Honda Dream Cup 2018 seri pertama dibukadok DAM Honda Dream Cup 2018 seri pertama dibuka

Sirkuit Sentul, Bogor, dipilih karena merupakan sirkuit yang tertutup. Artinya, akses masuk ke dalam sirkuit dapat dikontrol. Sehingga, pembatasan jumlah orang di dalam sirkuit bisa dilakukan.

Rizky Christianto, Manager Motorsports PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, kalau sudah ada contoh balapan di tengah pandemi ini seperti apa, mungkin akan lebih mudah bagi Honda untuk memutuskan.

Baca juga: Balap Motor Nasional Terapkan Protokol Kesehatan seperti MotoGP

"Tinggal nanti kita lihat bisa atau tidak mengaplikasikan itu di acara-acara yang kita punya," kata Rizky. Namun, penyelenggaraan balap hanya di Sentul, menurut Rizky, perlu mempertimbangkan banyak hal.

"HDC itu sebenarnya mendatangkan daerah-daerah yang ada antusias balapnya tinggi. Masa mau dibikin di Sentul? Masuk atau tidak, dilihat dari berbagai sudut pandang. Banyak faktor yang harus kita pertimbangkan," ujar Rizky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com