Mau Ada Bus Gratis Rute Bogor-Jakarta, Alternatif bagi Penumpang KRL

Kompas.com - 09/06/2020, 07:22 WIB
Transjabodetabek Premium dengan trayek TangCity Mall-ITC Kuningan resmi diuji coba per Rabu (10/1/2018). Dokumentasi Humas TangCity MallTransjabodetabek Premium dengan trayek TangCity Mall-ITC Kuningan resmi diuji coba per Rabu (10/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com – Melonggarnya aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat beberapa sektor bisnis kembali dibuka. Sejumlah transportasi umum massal dan non-massal pun sudah beroperasi, tetapi dengan pembatasan penumpang.

Tak heran, pada beberapa moda transportasi, terjadi lonjakan penumpang. Seperti penumpang kereta rangkaian listrik ( KRL) yang banyak telantar, contohnya yang terjadi di Stasiun Bogor.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ( BPTJ) Polana B Pramesti mengatakan, upaya mengantisipasi lonjakan penumpang terus dilakukan, salah satunya dengan memberikan layanan bus gratis.

Baca juga: Ojol Dilarang Beroperasi di Zona Merah Jakarta, Ini Daftarnya

Antrian penumpang terjadi di Stasiun Bogor, Senin (8/6/2020). Aktivitas masyarakat pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek cukup tinggi di hari pertama beroperasinya kembali sektor perkantoran di DKI Jakarta dalam masa PSBB transisi.KOMPAS.COM/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Antrian penumpang terjadi di Stasiun Bogor, Senin (8/6/2020). Aktivitas masyarakat pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek cukup tinggi di hari pertama beroperasinya kembali sektor perkantoran di DKI Jakarta dalam masa PSBB transisi.

“Layanan tersebut diberikan untuk penumpang KRL dengan titik keberangkatan dari Stasiun Bogor menuju Stasiun Dukuh Atas Sudirman Jakarta dengan jumlah lima unit bus,” ujar Polana dalam keterangan resmi, Senin (8/6/2020).

Walaupun telah memberikan layanan bus gratis, Polana meminta masyarakat yang menggunakan KRL untuk menyesuaikan jadwal keberangkatan.

Sebab, bus gratis ini hanya beroperasi pada waktu tertentu, yaitu mulai pukul 05.00 WIB sampai 06.00 WIB dengan waktu keberangkatan setiap 15 menit sekali.

Baca juga: Motor yang Melanggar Ganjil Genap Belum Ditilang sampai Ada Rambu

Armada bus Transjabodetabek bersiap di Mega Mall Bekasi, Senin (5/3/2018).Kompas.com/Setyo Adi Armada bus Transjabodetabek bersiap di Mega Mall Bekasi, Senin (5/3/2018).

“Para pengguna KRL yang memanfaatkan alternatif angkutan dari Stasiun Bogor ke Jakarta ini tanpa dipungut biaya,” ucap Polana.

Dalam memberikan layanan, bus juga diatur mengikuti protokol Covid-19, antara lain kapasitas hanya 25 orang atau 50 persen dari kapasitas maksimal.

Kemudian, di setiap bus juga menerapkan physical distancing dengan melakukan duduk berjarak satu sama lain, dan semuanya wajib menggunakan masker.

“Bus disiapkan di sekitar jembatan penyeberangan orang yang berada di depan Stasiun Bogor,” kata Polana.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X