Biar Tak Salah, Ini Beda Blanko Tilang dan Surat Teguran PSBB

Kompas.com - 09/06/2020, 06:40 WIB
tangkapan layar viral foto blangko teguran istimewatangkapan layar viral foto blangko teguran
Penulis Ari Purnomo
|

SURABAYA, KOMPAS.com - Foto surat teguran pelanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) di wilayah Jawa Timur ( Jatim), viral setelah disalah artikan sebagai surat bukti pelanggaran ( tilang).

Meski sekilas mirip tetapi setelah dicermati secara seksama terdapat sejumlah perbedaan.

Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Budi Indra Hermawan mengatakan, blangko tersebut bukanlah bukti tilang pelanggar lalu lintas sebagaimana yang viral di media sosial.

"Itu surat teguran kaitannya dengan dengan PSBB, tidak ada sanksinya hanya sebatas teguran saja. Di blangko itu tidak dicantumkan mengenai denda," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (8/6/2020).

Baca juga: Berlaku di Jalan Mana Saja jika Ganjil Genap Motor Diterapkan?

Antara blangko teguran PSBB dengan surat tilang sekilas mirip. Budi mengatakan, jika dibaca dengan teliti maka ada perbedaan, yakni tidak adanya denda seperti pada blangko tilang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

#Repost @rtmcjatim • • • • • • Mohon dibaca dan dicermati bahwa Surat tersebut bukan surat tilang seperti yg sudah tersebar di Medsos, Surat ini merupakan "Surat Teguran" yg melanggar Pergub Jatim No 18 Tahun 2020 tentang PSBB Pasal 18 yaitu pembatasan penggunaan Moda Transportasi utk pergerakan orang & barang #halo_polisi #ditlantaspoldajatim #poldajatim #humaspoldajatim #rtmcjatim #regidentjatim #bagbinops_lantas #polisi_indonesia #roadsafetyzeroaccident #rtmcjatim #humaspoldajatim #korpslalulintas #polisipromoter #ditlantasjatim #divisihumaspolri #polantasindonesia #halo_polisi #opskeselamatan2020 #ntmcpolri #jogojawatimur #polantasjatim #e100 #1031genfmsby

A post shared by ditlantasjatim (@ditlantaspoldajatim) on Jun 5, 2020 at 4:38pm PDT

"Itu yang baca juga tidak teliti kan tidak ada dendanya," katanya.

Dengan penjelasan ini dipastikan bahwa foto mengenai surat tilang berupa pelanggaran tidak mengenakan masker adalah tidak benar.

Baca juga: Penumpang Abaikan Protokol Kesehatan, Pengendara Ojol Bisa Batalkan Pesanan

Berikut beberapa perbedaan antara blangko teguran PSBB dengan tilang

-Warna blangko

blangko teguran PSBB berwarna putih

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X