Manfaat Pakai Roof Box Mobil dari Sisi Keselamatan

Kompas.com - 08/06/2020, 19:41 WIB
Honda BR-V saat menggunakan roof box keluaran Thule di Tol Cipali kompas.comHonda BR-V saat menggunakan roof box keluaran Thule di Tol Cipali

JAKARTA, KOMPAS.com – Penggunaan roof box biasa dilakukan oleh pemilik kendaraan yang bepergian jauh dengan membawa banyak barang.

Selain menambah tempat penyimpanan pada kendaraan, roof box juga ada manfaatnya dalam sisi keamanan dan keselamatan.

Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan, keuntungan dari pemasangan roof box yaitu penempatan barang bawaan tidak bersama penumpang di kabin.

Baca juga: Honda Vario 125 dan Vario 150 Pakai Baju Baru

Pasang roof box jadi langkah bijak tambah volume bagasiAris F. Harvenda Pasang roof box jadi langkah bijak tambah volume bagasi

“Dari sisi keamanan dan keselamatan, penempatan barang bersama penumpang di kabin memiliki risiko. Barang-barang yang merupakan benda padat, ketika terjadi kecelakaan bisa memperparah cedera penumpang,” kata Jusri kepada Kompas.com, Senin (8/6/2020).

Selain benda tadi, Jusri juga mengatakan, barang-barang yang tidak terikat dan ada di kabin bisa mengganggu pengemudi dan penumpang. Barang tersebut akan bergeser dan mengeluarkan suara, sehingga kurang nyaman.

Dengan adanya roof box sebagai penyimpanan barang, pengemudi dan penumpang bisa lebih nyaman dalam melanjutkan perjalanan. Penumpang jadi tidak terganggu harus duduk bersebelahan dengan barang.

Baca juga: Restorasi Mitsubishi Colt T120 Demi Nostalgia Mahasiswa UGM

“Jadi kalau menggunakan roof box, maka cara mengemudinya harus disesuaikan dengan lebih berhati-hati dan harus sesuai dengan kondisi membawa roof box,” ucap Jusri.

Perlu diingat juga, pemasangan roof box harus berhati-hati, sesuai dengan petunjuk prosedur instalasinya. Kemudian menggunakan braket asli yang terjamin, bukan hasil modifikasi yang kurang baik.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X