Plus Minus Pasang Roof Box di Mobil

Kompas.com - 08/06/2020, 19:01 WIB
Mobil pakai roof box Stanly/OtomaniaMobil pakai roof box

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi mobil memang sah-sah saja dilakukan. Salah satunya yaitu dengan penambahan roof box pada mobil. Tentunya roof box ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan tambahan.

Roof box juga bermanfaat ketika sedang dalam perjalanan jauh dengan membawa banyak barang. Tetapi dibalik manfaat tersebut, memasang roof box pada mobil ada konsekuensinya.

Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, mengatakan, ada beberapa konsekuensi yang akan dirasakan pemilik kendaraan yang memasang roof box.

Baca juga: Ojol Dilarang Beroperasi di Zona Merah Jakarta, Ini Daftarnya

Roof Box Whale Carrierwhalecarrier.com Roof Box Whale Carrier

“Pertama yaitu beban kerja mesin jadi berat karena hambatan anginnya lebih tinggi karena pasang roof box. Kedua, pergerakan kendaraan akan lebih terbatas karena ada penambahan dimensi,” kata Jusri kepada Kompas.com, Senin (8/6/2020).

Pemasangan roof box di mobil membuat adanya perubahan dimensi dan aerodinamika dari kendaraan. Jusri menjelaskan, jika biasanya bisa menikung dengan nyaman pada kecepatan 80 kpj, namun saat memakai roof box akan membuat kestabilannya berkurang.

“Secara ilmiahnya karena pusat gravitasi yang berubah memengaruhi kestabilan dari mobil tersebut,” ucap Jusri.

Baca juga: Motor yang Melanggar Ganjil Genap Belum Ditilang sampai Ada Rambu

Konsekuensi selanjutnya yaitu dengan memasang roof box, harus memerhatikan tinggi dari kendaraannya. Pada kendaraan tertentu seperti minibus, SUV, dan Dcab, harus ingat adanya roof box ketika melewati area dengan tinggi yang rendah.

“Misalnya di perumahan, dengan rintangan portal. Pengemudi yang memasang roof box harus ingat mobilnya lebih tinggi dari biasanya,” kata dia.

Selain itu, Didi Ahadi, Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, mobil yang memasang roof box memiliki risiko stabilitas berkurang bahkan konsumsi bahan bakar bisa lebih boros dari biasanya.

Ilustrasi Honda BR-V saat menggunakan roof box lansiran Thulekompas.com Ilustrasi Honda BR-V saat menggunakan roof box lansiran Thule

“Perlu diingat lagi dengan memasang roof box, otomatis akan membuat hambatan angin makin besar, dampaknya soal keseimbangan sampai BBM yang lebih boros,” ujar Didi kepada Kompas.com.

Pemasangan roof box juga sah-sah saja dilakukan oleh pemilik kendaraan. Selama pemilik kendaraan menerima adanya konsekuensi lalu menyesuaikan cara mengemudinya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X