Ini Protokol Kesehatan di Bus TransJakarta, Dilarang Duduki Kursi Bertanda X

Kompas.com - 05/06/2020, 17:30 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menerapkan beberapa aturan baru bagi penumpang dalam pengoperasiannya selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta.

Beberapa diantaranya, tetap memberlakukan pembatasan jumlah penumpang sebanyak 50 persen, menerapkan physical distancing di halte atau saat menunggu kedatangan bus, hingga penumpang diminta hanya menduduki kursi yang tak diberi tanda 'X' dan berdiri di tanda yang sudah disediakan.

Penyesuaian ini sesuai dengan protokol kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan imbauan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika mengumumkan perpanjangan PSBB lewat konferensi virtual, Kamis (4/6/2020).

Baca juga: PSBB Transisi, Operator Taksi Perketat Protokol Kesehatan Para Sopir

Sejumlah penumpang menaiki bus Transjakarta di Jakarta, Selasa (17/3/2020). PT Transjakarta akan menambah rute perjalanan menjadi 123 rute dan menambah jam operasional, hal ini untuk mengurangi antrean panjang yang terjadi di beberapa halte pada Senin (16/3/2020) kemarin.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Sejumlah penumpang menaiki bus Transjakarta di Jakarta, Selasa (17/3/2020). PT Transjakarta akan menambah rute perjalanan menjadi 123 rute dan menambah jam operasional, hal ini untuk mengurangi antrean panjang yang terjadi di beberapa halte pada Senin (16/3/2020) kemarin.

"MRT dan Transjakarta beroperasi dalam jam normal, tapi kapasitas per bus hanya 50 persen. Juga, stasiun dan halte, tempat menunggunya dibuat jarak antrean minimal 1 meter," katanya.

Ketentuan lainnya, penumpang diwajibkan untuk menggunakan masker selama berada di lingkungan Transjakarta. Dalam hal ini, pengelola juga melarang penumpang untuk berbicara baik secara langsung maupun via sarana telepon.

Adapun protokol kesehatan ini, sebagaimana dilansir laman instagram resmi @pt_transjakarta, sudah diberlakukan sejak 5 Juni 2020.

Baca juga: Saat PSBB Transisi, Penumpang Ojol Diminta Bawa Helm Sendiri

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Sahabat TiJe, berikut adalah informasi layanan operasional Transjakarta pada masa PSBB transisi per 5 Juni 2020 dengan waktu operasional pada pukul 05:00 - 22:00 WIB. . . Pelanggan yang menggunakan layanan Transjakarta tetap wajib untuk mematuhi peraturan yang diterapkan guna mencegah penyebaran Covid-19 pada masa PSBB transisi ini. . . Informasi selengkapnya dapat dilihat pada gambar di atas. . . Mari kita terus menjaga jarak, menjaga kebersihan dan menggunakan masker untuk kesehatanmu dan orang di sekitarmu. . . Jika memiliki pertanyaan terkait layanan Transjakarta, hubungi 1500-102 atau mention akun twitter resmi Transjakarta @pt_transjakarta (http://bit.ly/twittertije) atau pilih menu halo TiJe pada aplikasi TiJeKu. #TiJeTanggapCorona

A post shared by PT Transportasi Jakarta (@pt_transjakarta) on Jun 4, 2020 at 6:00pm PDT

Berikut rute Transjakarta yang sudah beroperasi hari ini:

1. Blok M - Kota
1B. Stasiun Palmerah - Tosari
1H. Tanah Abang - St Gondangdia
2. Pulo Gadung 1 - Harmoni
3. Kalideres - Pasar Baru
3F. Kalideres - Gelora Bung Karno
4. Pulogadung 2 - Tosari
4C. TU Gas - Bundaran Senayan
4D. Pulo Gadung 2 - Kuningan
5. Kp. Melayu - Ancol
5C. PGC 1 - Harmoni
6. Ragunan - Halimun
6A. Ragunan - Monas via Kuningan
6B. Ragunan - Monas via Semanggi
6M. St Manggarai - Bundaran Senayan
7. Kp Rambutan - Kp Melayu
8. Lebak Bulus - Harmoni
8A. Grogol 2 - Harmoni
9. Pinang Ranti - Pluit
10. PGC 2-Tanjung Priok
11. Kp. Melayu-Pulo Gebang
12. Penjaringan - Sunter Boulevard Barat
13. Ciledug-Tendean
13A. Puri Beta-Blok M
13C. Puri Beta-Dukuh Atas
13E. Puri Beta-Kuningan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.