Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 19/05/2020, 19:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Busi merupakan komponen penting pada siklus pembakaran mesin berbahan bakar bensin. Penggunaan tipe busi yang tidak tepat dapat memberikan beberapa dampak buruk bagi kendaraan.

Pada dasarnya, setiap parbirkan sepeda motor sudah mempunya standar busi yang disarankan. Sehingga, kalau ingin mengganti busi dengan merek lain, sebaiknya dipastikan panjang ulirnya sama, karena jika tidak akan mengganggu pengapian.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, mengatakan, pemilik kendaraan sebainya teliti dan tidak terkecoh busi dengan lebar ulir yang serupa, karena belum tentu memiliki fitur dan spesifikasi yang sama.

Baca juga: 3 Komponen Mobil Transmisi Manual yang Rawan Rusak

Busi NGK buat PCXdok.NGK Busi NGK buat PCX

“Sebab penggunaan busi yang tidak tepat akan membuat penurunan kinerja mesin motor,” ujar Endro saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/05/2020).

Fungsi busi sendiri adalah, untuk memercikan api ke ruang mesin motor, sehingga terjadi proses pembakaran bensin yang akan menggerakan piston.

Baca juga: Distribusi Terkendala, Konsumen Renault Triber Batalkan Pemesanan

Jika busi terlalu pendek, akan terjadi penumpukan karbon. Sementara, kalau terlalu panjang, busi akan cepet overheat dan rawan terbentur piston.

Cara mudah agar tidak salah saat memilih busi adalah dengan melihat kode busi dan menggantinya dengan yang sama. Karena jika salah kode, dapat memperburuk kinerja mesin bahkan mengakibatkan banyak masalah.

“Salah pilih busi untuk kendaraan juga bisa berakibat carbon fouling, elektroda meleleh, ECU bermasalah, mesin menjadi susah untuk dihidupkan, dan knocking (mengelitik),” kata Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke