Selesai Diperbaiki, Jasa Marga Klaim Tol Cipularang Aman Dilintasi

Kompas.com - 19/05/2020, 16:22 WIB
Longsor di Tol Cipularang Jasa MargaLongsor di Tol Cipularang
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Tollroad Maintenance, memastikan bila pengerjaan longsor di Km 18+600 ruas Tol Cipularang pada Februari 2020 lalu sudah tuntas dan bisa kembali dilintasi dengan aman oleh para pengguna tol.

Irra Susiyanti, Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, mengatakan Secara keseluruhan, sampai dengan awal Mei 2020 progres penyelesaian telah mencapai 100 persen.

Proses yang diseleraikan antara lain, pekerjaan pembersihan cross drain yang tersumbat material longsoran, pembuatan bak kontrol pada inlet cross drain jalur A, pemasangan bronjong untuk stabilisasi lereng, serta rekonstruksi lereng jalur B dengan timbunan material granular dan slag cement dengan perkuatan borepile dan butress.

Baca juga: Honda Bicara Kehadiran ZR-V, Calon Pesaing Raize dan Rocky

Sementara untuk pekerjaan lining saluran sudah selesai dikerjakan dan terpasang 700 meter untuk jalur arah Bandung, dan 385 meter untuk jalur sebaliknya atau arah Jakarta.

Pekerjaan penanganan longsor di Jalan Tol Cipularang Km 118+600.Dok. PT Jasamarga Metropilitan Tollroad Pekerjaan penanganan longsor di Jalan Tol Cipularang Km 118+600.

"Selama proses penanganan dampak longsor ini, lalu lintas di Jalan tol Cipularang berfungsi normal di kedua arah, baik arah Jakarta maupun arah Bandung. Jasa Marga juga memastikan Jalan Tol Cipularang khususnya Km 118, aman untuk dilintasi," ucap Irra dalam keterangan resminya, Selasa (19/5/2020).

Jasa Marga saat ini juga telah menyelesaikan penanaman rumput vetiver di sisi jalur arah Jakarta, untuk mencegah erosi tanah agar tidak terjadi longsor kembali. Selain itu, pemasangan inklinometer untuk monitoring pergerakan tanah juga ikut diterapkan.

Baca juga: Jakarta Larang Mudik Lokal, Bagaimana Bekasi dan Bogor?

Pekerjaan penanganan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan. Hal tersebut dilaksanakan dengan memasang rambu-rambu, penyiagaan petugas pengamanan dan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi kejadian.

Jasa Marga bakal lakukan rekayasa lalu lintas di Tol Cipularang, Bandung, Kamis (20/2/2020).Humas Jasa Marga Jasa Marga bakal lakukan rekayasa lalu lintas di Tol Cipularang, Bandung, Kamis (20/2/2020).

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas pekerjaan dampak longsor dan mengimbau pengguna jalan untuk tetap berada di rumah selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) guna memutus rantai penyebaran Covid-19," kata Irra.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X