Mobil Travel Gelap Disita hingga H+7 Lebaran, Sopir Didenda Rp 500.000

Kompas.com - 16/05/2020, 12:22 WIB
Polda Metro Jaya berhasil amankan ratusam travel gelap https://twitter.com/tmcpoldametroPolda Metro Jaya berhasil amankan ratusam travel gelap
Penulis Ari Purnomo
|

SURABAYA, KOMPAS.com - Total 54 unit travel gelap yang disita oleh jajaran Ditlantas Polda Jawa Timur (Jatim), tidak bisa langsung diambil oleh pemiliknya meskipun sudah menyelesaikan sanksi.

Kendaraan tersebut akan tetap disita sampai dengan operasi Ketupat selesai, artinya mobil pribadi tersebut tidak bisa digunakan sampai H+7 Lebaran mendatang.

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Budi Indra Dermawan mengatakan, mobil-mobil yang digunakan untuk menyelundupkan para pemudik itu akan disita sampai 31 Mei 2020.

Baca juga: Cegah Pemudik Nekat, Polisi Perketat Pengecekan Kendaraan Komersial

“Penyitaan ini dilakukan sampai Operasi Ketupat selesai yakni 31 Mei mendatang,” katanya kepada Kompas.com, Jumat (15/5/2020).

Budi menambahkan, lamanya penyitaan ini diharapkan bisa menjadi efek jera bagi para pemilik mobil yang nekat berupaya meloloskan para pemudik agar bisa pulang ke kampung halamannya.

Pemeriksaan kendaraan di Check point Tugu Tani, Jakarta Pusat, Selasa (12/5/2020)DOKUMEN PRIBADI Pemeriksaan kendaraan di Check point Tugu Tani, Jakarta Pusat, Selasa (12/5/2020)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ini untuk memberikan efek jera, kami tetap berkomitmen pada larangan mudik. Hal ini ditujukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Jatim untuk tetap berada di rumah dan tidak melakukan perjalanan mudik.

Seperti diketahui, jajaran Ditlantas Polda Jatim mengamankan sedikitnya 54 travel gelap yang diduga hendak menyelundupkan pemudik.

Baca juga: Pengguna Kendaraan di Jawa Timur Dilarang Melakukan Mudik Lokal

Puluhan travel tersebut memiliki berbagai tujuan perjalanan yang berbeda. Lintas wilayah masih di dalam provinsi, ada pula yang hendak lintas provinsi seperti hendak masuk ke Jateng.

“Ada yang melakukan perjalanan keluar Jatim ada pula yang hendak masuk ke Jatim, antar wilayah di Jatim,” ucapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.