Lorenzo Batal Balapan, Tidak Ada Wild Card Musim ini

Kompas.com - 14/05/2020, 10:02 WIB
Jorge Lorenzo saat pertama kali kembali mengendarai Yamaha M1 di Sepang, Malaysia. Instagram @jorgelorenzo99Jorge Lorenzo saat pertama kali kembali mengendarai Yamaha M1 di Sepang, Malaysia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sports berencana tetap menggelar MotoGP 2020. Namun, dengan beberapa perubahan, seperti jumlah seri, pembatasan orang, dan lainnya.

Untuk menbatasi jumlah orang yang ada di paddock sedikit mungkin, MotoGP akan membatalkan wild card di musim 2020 ini. Kebijakan ini berlaku untuk semua pabrikan, baik Honda, Yamaha, Ducati, KTM, dan lainnya.

Baca juga: Sederet Aksi Sosial Pebalap MotoGP Bantu Perangi Covid-19

Dorna akan menggunakan protokol tertutup untuk menggelar MotoGP 2020 yang rencananya dijadwalkan pada 19 Juli dengan Jerez, Spanyol, sebagai seri pembuka. Protokol tertutup ini berarti tidak ada penjualan tiket alias tidak ada penonton dan maksimal hanya 1.300 orang yang punya akses berada di paddock.

Stefan Bradl melakukan tes privat Honda di Sirkuit Jerez, Spanyol.Foto: Motoblog.it Stefan Bradl melakukan tes privat Honda di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Pembatasan ini juga berimbas pada test rider, karena Dorna meniadakan wild card musim ini. Kebijakan ini bukan hanya untuk kelas MotoGP, tapi juga berlaku untuk Moto2 dan Moto3.

Jorge Lorenzo, test rider Yamaha, terpaksa harus menunda rencananya untuk kembali balapan, setidaknya hingga musim 2021. Sebelumnya, Lorenzo direncanakan akan ikit balapan di Catalunya.

Baca juga: MotoGP 2020, Spanyol Jadi Tuan Rumah 7 Seri

Selain Lorenzo, test rider Honda Stefan Bradl juga merasakan hal yang sama. Pebalap asal Jerman ini rencananya akan menjadi wild card di Jerez dan Misano.

Pebalap uji coba Ducati asal Italia, Michele Pirro, membalap di Sirkuit Mugello pada sesi latihan bebas kedua GP Italia, Jumat (30/5/2014).MOTOGP.COM Pebalap uji coba Ducati asal Italia, Michele Pirro, membalap di Sirkuit Mugello pada sesi latihan bebas kedua GP Italia, Jumat (30/5/2014).

"Ini bukanlah berita baik. Kontrak saya secara teori mengatakan akan memberikan saya tiga kesempatan, dua di Italia dan terakhir di Valencia," ujar Michele Pirro, test rider Ducati, dikutip dari Speedweek.com.

Di kubu KTM, Dani Pedrosa memang tidak berniat untuk melakukan wild card. Sedangkan rekan setimnya, Mika Kallio, rencananya akan turun di sirkuit KymiRing, tapi balapan di sana dibatalkan.

Dani Pedrosa mulai ikut kembangkan motor KTM.motogp.com Dani Pedrosa mulai ikut kembangkan motor KTM.

Test rider Suzuki Sylvain Guintoli bahkan berencana menjadi wild card si Le Mans, Silverstone, dan Motegi. Sementara Bradley Smith, test rider Aprilia, hanya berharap bisa menggantikan Andrea Iannone yang masih bermasalah dengan hukum.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Speedweek
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X