Akal-akalan Pemudik, dari Sembunyi di Truk hingga Pakai Mobil Towing

Kompas.com - 08/05/2020, 03:22 WIB
Sejumlah anggota Polres Sukabumi Kota  melakukan pemeriksaan kendaraan di pos penyekatan Cibolang, Sukabumi, Jawa Barat,  Selasa (23/5/2019) malam. KOMPAS.com/BUDIYANTOSejumlah anggota Polres Sukabumi Kota melakukan pemeriksaan kendaraan di pos penyekatan Cibolang, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (23/5/2019) malam.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Adanya larangan mudik di momen Idul Fitri tahun ini, ternyata tidak begitu saja dipatuhi oleh para perantau yang ingin pulang kampung.

Justru banyak yang nekat menggunakan berbagai cara, agar bisa lolos dari pemeriksaan petugas di pos penyekatan kendaraan wilayah perbatasan.

Tetapi, cara yang digunakan oleh para pemudik sudah dicium oleh petugas jaga. Sehingga, mereka pun berhasil dicegah pulang kampung dan diminta untuk putar balik ke daerah asalnya.

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Mendahului Kendaraan Lain

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, selama penyekatan kendaraan, petugas sudah mempelajari ragam cara yang dilakukan oleh pemudik demi bisa pulang kampung.

“Banyak modus yang digunakan oleh para pemudik tapi itu sudah dipelajari semuanya oleh petugas,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (7/5/2020).

Berikut modus-modus yang digunakan pemudik

1. Naik bak truk

Anggota Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memergoki sebuah truk menyelundupkan pemudik yang hendak keluar Jabodetabek di Pos Pengamanan Operasi Ketupat Jaya 2020 di GT Cikarang Barat, Jumat (1/5/2020).ANTARA/Polda Metro Jaya Anggota Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memergoki sebuah truk menyelundupkan pemudik yang hendak keluar Jabodetabek di Pos Pengamanan Operasi Ketupat Jaya 2020 di GT Cikarang Barat, Jumat (1/5/2020).

Selama adanya larangan mudik memang tidak semua kendaraan dilarang melintas. Ada beberapa kriteria masih diperbolehkan untuk melakukan perjalanan lintas wilayah, salah satunya adalah kendaraan angkutan barang.

Kelonggaran inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para pemudik agar bisa pulang ke kampung halamannya.

Baca juga: Begini Teknik Mengerem Sepeda Motor yang Benar

 Usaha ini juga diamini oleh para pengemudi truk dengan memberikan tempat kepada para pemudik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.