Gejala Ring Piston Mulai Melemah, Biasanya Knalpot Berasap Putih

Kompas.com - 06/05/2020, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komponen mesin yang terawat akan terasa dari performa yang dihasilkan. Saat ada komponen mesin yang rusak, performanya tentu akan berubah atau melemah.

Salah satunya adalah kerusakan pada ring piston. Kondisi ini dapat mengurangi kompresi mesin, sehingga tenaganya jadi melemah atau biasa disebut "ngempos".

Baca juga: Tips Ringan Rawat Ring Piston, Bisa di Rumah Aja

Techical Support PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, salah satu tanda turunnya kompresi pada mesin karena melemahnya ring piston (ring seher) atau seal klep, yakni ditandai keluarnya asap putih dari knalpot.

Ring PistonFoto: Enginebasics Ring Piston

"Tandanya ring piston sudah lemah ialah kompresi mesin jadi rendah, selain itu oli terbakar sehingga mengeluarkan asap putih di knalpot. Kalau sudah begitu dampaknya tenaga mesin berkurang," kata Didi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Didi menambahkan, asap knalpot berwarna putih tersebut muncul karena ring piston tidak bisa menahan oli masuk ke ruang bakar. Oli ikut terbakar dan menghasilkan warna putih pekat, lalu kemudian keluar bersamaan melalui lubang knalpot.

Dampaknya bukan hanya tenaga mesin yang melemah, komponen busi pun juga akan terpengaruh. Busi menjadi cepat mati karena terkena oli yang masuk ke ruang bakar. Sebab, kepala busi menjadi berkerak dan berwarna hitam akibat oli yang terbakar.

Baca juga: Kenali Tanda Busi Mati, Bisa dari Suara Mesin Mobil

"Jika sudah seperti itu cara penanganannya turun mesin atau overhaul untuk mengganti ring piston yang baru," ujar Didi.

Menurut Didi, pencegahannya sangat mudah, yang penting rajin melakukan perawatan. Gunakan oli sesuai standar atau spesifikasi mesin dan diganti secara berkala.

"Perawatannya dengan menggunakan oli sesuai standar mesin dan penggantian secara berkala. Sebaiknya setiap 6 bulan atau 5.000 km hingga 10.000 km tergantung dari jenis dan tipe olinya," kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.