Kompas.com - 06/05/2020, 15:01 WIB
Kaca film khusus untuk Mitsubishi Expander disiapkan Makko Group dengan paket harga khusus. Makko GroupKaca film khusus untuk Mitsubishi Expander disiapkan Makko Group dengan paket harga khusus.

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya tingkat kejahatan yang terjadi dijalan saat ini menuntut para pengemudi mobil untuk lebih berhati-hati.

Seperti kejadian yang belakangan ini marak di sosial media, seorang pengemudi mendapati kaca mobil yang dipecah oleh maling. Sehingga kehilangan barang-barang berharga yang ada dalam mobil.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kejadian tersebut, salah satu caranya adalah dengan menggunakan kaca mobil yang gelap.

Presiden Direktur Makko Group, Christopher Sebastian, mengatakan,penggunaan kaca mobil yang gelap memang bisa meminimalisir tingkat kejahatan, karena minimnya visibilitas dari luar kendaraan.

Baca juga: Sering Salah Kaprah, Ini Fungsi Tombol Overdrive di Mobil Matik

Hasil pandangan dari kabin pada mobil menggunakan kaca film Infinity Black Optic.ist Hasil pandangan dari kabin pada mobil menggunakan kaca film Infinity Black Optic.

Namun perlu diperhatiakan, kegelapan kaca mobil berada di batas maksimal 80 persen.

“Untuk kaca depan penggunaan kaca film dianjurkan dengan kegelapan 20 persen atau maksimal 40 persen. Untuk kaca samping dan belakang dianjurkan dengan kegelapan 60 persen dan maksimal 80 persen. Secara spesifik semua aturan mengenai penggunaan kaca pada mobil sudah tertuang dalam keputusan Menteri Perhubungan Nomer KM.439/U/Phb-76,” ujar Christopher kepada Kompas.com.

Baca juga: Berhenti di Lampu Merah, Gigi Mobil Matik Sebaiknya di D atau N?

Cara lain yang digunakan pengemudi dalam menghindari kejahatan adalah memasang kaca film double luar dan dalam, tapi menurut Christopher hal itu akan membuat kaca film bergelembung karena lem yang merekat tidak sempurna.

Christopher juga menjelaskan memasang kaca film anti-begal masih relavan selama tingkat ketebalannya tidak berlebihan.

Kaca film anti begal juga masih relavan untuk dipasang, asal tingkat ketebalan kacanya film disesuaikan. Supaya ketebalan kaca filmnya tidak membuat motor power window mobil menjadi rusak,” kata Christopher.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X