Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Modus Pecah Kaca, Begini Cara Simpan Barang di Mobil yang Aman

Kompas.com - 06/05/2020, 14:42 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPencurian dengan modus memecahkan kaca mobil makin marak terjadi akhir-akhir ini. Aksi nekat ini bahkan tak mengenal waktu, selalu pastikan mobil Anda diparkir di tempat yang aman.

Paling penting pemilik mobil jangan sembarangan atau meremehkan dalam meletakkan barang berharga di dalam kabin.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, pencuri biasanya mengincar area parkir beberapa lokasi yang sepi.

Baca juga: Polda Metro Jaya Awasi Ketat Travel Gelap

Bagasi mobil.Shutterstock Bagasi mobil.

Bahkan tak jarang langsung dilakukan di pinggir jalan, seperti yang dialami pemilik Kijang Innova di Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Selasa kemarin (5/5/2020).

Menurut Sony untuk terhindari dari aksi pencurian, carilah tempat parkir yang berdekatan dengan keramaian dan kamera CCTV. Hindari parkir di tempat yang agak tersembunyi.

“Jangan taruh barang berharga di dalam kabin. Kalau terpaksa, gunakan kompartemen tertutup seperti glove box, laci, bagasi. Manfaatkan tirai penutup jendela maupun bagasi apabila tersedia,” ujar Sony, kepada Kompas.com (5/5/2020).

Baca juga: Mobil Bekas yang Masih Dicari di Tengah Pandemi Covid-19

Ilustrasi pencurian barang di mobilblog.auntyacid.com Ilustrasi pencurian barang di mobil

“Kalau kompartemen tertutup tidak memadai, barang berharga bisa disimpan di kolong jok mobil, atau ditutupi dengan sesuatu benda agar terlihat samar dari luar,” katanya.

Sebagai tambahan, gunakan sensor tambahan, alarm ganda atau electrical cut. Khususnya untuk mobil yang belum dilengkapi fitur immobilizer, untuk mencegah mobil dibawa kabur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com