Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Kamera Dasbor Mobil Bisa Diretas

Kompas.com - 23/07/2024, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Kamera dasbor alias dashcam sekarang ini banyak dijadikan sebagai alat bukti jika terjadi peristiwa di jalan, mulai kecelakaan hingga tingkat kriminal. Kejadian yang terekam kamera bisa memperlihatkan kronologi lengkap di lokasi.

Seiring berkembangnya teknologi pada dashcam, ternyata kamera dasbor bisa diretas, apalagi yang punya fitur cloud karena bisa diakses dari jarak jauh melalui internet.

Dashcam membutuhkan tingkat security selevel bank dengan standar internasional sehingga tidak mudah untuk diretas.

Baca juga: Ini Fitur yang Wajib Ada Saat Beli Dashcam


Rudy, Direktur Marketing Blackvue mengatakan dengan produk terbaru kami Blackvue 4K BOX Series, perusahaan ingin memberikan pengalaman “peace in mind” pada setiap pemilik kendaraan.

“Kami telah memikirkan Solusi dari kemungkinan-kemungkinan terburuk hilangnya bukti rekaman, kami yakin blackvue dapat diandalkan untuk memberikan bukti rekaman dan menjadi saksi mata yang terpercaya,” ucap Rudy.

Rudy mengatakan berbagai masalah teknis bisa terjadi yang bisa menyebabkan bukti rekaman hilang, padahal bisa saja pada bagian tersebut merupakan kejadian penting.

Baca juga: Pilihan Baru Dashcam untuk Pengguna Mobil

Dashcam Blackvue di GIIAS 2024IST Dashcam Blackvue di GIIAS 2024

“Dikarenakan kamera dashcam pada umumnya bisa dirotasi atau diputar, maka terkadang kamera secara tidak sengaja dirotasi, bisa juga dengan sengaja untuk menghilangkan bukti rekaman,” ucap Rudy.

Rudy mengatakan semakin populernya dashcam, bisa saja ada oknum tertentu yang dengan sengaja mengambil dash cam untuk menghilangkan barang bukti.

Menurut Rudy, kabel dash cam biasanya sangat mudah dilepas, sehingga bisa saja secara tidak sengaja terlepas dan tidak berfungsi.

“Panas kabin di siang hari juga bisa menyebabkan dashcam tidak berfungsi dan kehilangan bukti rekaman, penting untuk menggunakan dashcam yang memiliki reputasi dan sudah terpercaya,” ucap Rudy.

Baca juga: Cara Merek Dashcam Edukasi Keamanan Berkendara

Blackvue memperkenalkan seri DR970X BOX, dashcam yang bisa diandalkan dan bisa memberikan bukti rekaman saat dibutuhkan. Tipe ini memiliki box rekaman terpisah yang bisa di kunci kemudian bisa diletakkan di tempat tersembunyi di dalam mobil.

Rudy mengatakan Blackvue memiliki fungsi cloud yang bisa diakses dari jarak jauh melalui internet dengan tingkat security selevel bank dengan standar internasional sehingga tidak mudah untuk diretas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau