Formula E Jakarta Batal karena Corona, Bagaimana Nasib Selanjutnya?

Kompas.com - 30/04/2020, 03:42 WIB
Kondisi kawasan Monumen Nasional setelah penebangan 205 pohon untuk revitalisasi di Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2020). Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk menghentikan sementara proyek revitalisasi sisi selatan kawasan Monas, Jakarta Pusat. Sebelumnya, menurut kontraktor, pengerjaan revitalisasi Monas sudah 88 persen. Ditargetkan rampung pada 15 Februari 2019. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGKondisi kawasan Monumen Nasional setelah penebangan 205 pohon untuk revitalisasi di Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2020). Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk menghentikan sementara proyek revitalisasi sisi selatan kawasan Monas, Jakarta Pusat. Sebelumnya, menurut kontraktor, pengerjaan revitalisasi Monas sudah 88 persen. Ditargetkan rampung pada 15 Februari 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com – Apabila masih sesuai jadwal, seharusnya balap Formula E Jakarta akan berlangsung pada awal Juni mendatang. Namun, karena pandemi Covid-19, ajang balap ini dibatalkan.

Penyelenggara Formula E telah menandai bulan Maret dan April dengan bendera merah, yang artinya tidak ada balapan.

Sementara Mei dikategorikan sebagai bendera kuning, atau ada peluang balap dengan beberapa syarat. Sedangkan Juni dan Juli diberi bendera hijau, apabila situasinya sudah membaik dan stabil, khususnya di negara yang menyelenggarakan lomba.

Baca juga: Catat, Ini Kriteria Pengguna Kendaraan yang Boleh Mudik

Jalur Formula E yang diumumkan di Hotel Novotel, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020)Dok. Formula E Indonesia Jalur Formula E yang diumumkan di Hotel Novotel, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020)

Meski begitu, Formula E dan FIA telah memutuskan untuk menangguhkan Berlin ePrix yang berlangsung 21 Juni mendatang, lantaran masih terdampak virus corona.

Artinya, ajang Formula E terdekat diprediksi akan berlangsung di New York pada 11 Juli 2020. Itu pun jika kondisi Amerika Serikat sudah membaik.

Pengamat motorsport Arief Kurniawan, mengatakan, sejumlah negara yang sudah masuk kalender balap harus siap menyelenggarakan lomba meski dengan waktu persiapan yang mepet.

Baca juga: Ini Cara Dapat Izin Mudik untuk Para Pengguna Kendaraan

Suasana balap Formula E yang berlangsung di Roma, Italia.Motorsport.com Suasana balap Formula E yang berlangsung di Roma, Italia.

“Mereka sudah bayar commitment fee yang tidak kecil biayanya. Jadi apapun yang terjadi harus tetap diselenggarakan. Karena jika sudah mendapat lampu hijau, tidak dianggap force majaeur, tidak bisa dikembalikan,” ujar Arief, dalam konferensi video (29/4/2020).

Lain halnya dengan Formula E Jakarta, yang menurut Arief dibatalkan lantaran situasi darurat bencana Covid-19. Maka uang commitment fee masih bisa dikembalikan.

Apalagi Formula E Jakarta sudah dikontrak 5 tahun, secara langsung masih ada kesempatan buat Ibu Kota untuk menyelenggarakan lomba di tahun-tahun mendatang.

Baca juga: Tertunda Corona, Ini Perkembangan Kabar Toyota Fortuner Facelift

Pebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado Pebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

“Kalau enggak ada kasus apa-apa, tiga bulan sebelumnya mengumumkan untuk pembatalan, uang commitment fee hangus,” ucap Arief.

“Tapi itu jika atas dasar kemauan yang sewenang-wenang alias tanpa alasan yang jelas. Jadi Jakarta masih bisa menyelenggarakan tahun depan, syukur-syukur double header,” ujarnya.

Untuk diketahui, sistem double header pernah digunakan beberapa kali pada ajang Formula E Arab Saudi, yaitu ketika dua seri balapan berlangsung di sirkuit yang sama.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X