Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertunda Corona, Ini Perkembangan Kabar Toyota Fortuner Facelift

Kompas.com - 29/04/2020, 08:22 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Rumors terkait peluncuran Toyota Fortuner facelift makin menguat. Terutama setelah beberapa foto spyshot muncul di beberapa situs berita luar negeri.

Kabar ini memang tidak begitu mengejutkan, pasalnya SUV medium dengan ladder frame ini memang sudah memasuki siklus penyegaran tiap 3 tahun.

Seperti diketahui, sejak meluncur pertama kali pada 2005, Fortuner langsung mendapatkan ubahan dengan meluncurnya model baru di 2008.

Baca juga: Harga SUV di Bursa Lelang, CR-V Rp 78 Juta, Pajero Sport Rp 180 Jutaan

 

Spyshot Toyota Fortuner di Thailandautocarindia.com Spyshot Toyota Fortuner di Thailand

Kemudian 3 tahun setelahnya, Toyota kembali menyegarkan Fortuner dengan ubahan minor pada 2011. Lantas pada 2016, Toyota mulai menghadirkan generasi kedua dari Fortuner.

Kini berselang 4 tahun, rasanya sudah sepatutnya model baru dari SUV ini segera hadir. Apalagi Toyota di Thailand kabarnya tengah menyiapkan produksi Fortuner, namun karena pandemi, peluncuran pun harus ditunda.

Dilansir dari Autoindustriya, Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing (TDEM) dan Toyota Motor Thailand yang menjadi basis produksi Fortuner, kabarnya harus memperpanjang masa penghentian produksi karena dampak Covid-19.

Baca juga: 4 Hari Larangan Mudik, Hampir 5.000 Kendaraan Berhasil Dipukul Mundur

 

Hasil olah digital Toyota Fortuner faceliftkolesa.ru Hasil olah digital Toyota Fortuner facelift

Untuk diketahui, Toyota memiliki tiga pabrik di Thailand. Pertama pabrik Gateway yang memproduksi kendaraan penumpang seperti Yaris, Vios, Corolla, Camry, dan lain-lain.

Kemudian pabrik Samrong dan Bang Pho yang memproduksi kendaraan dengan basis ladder frame seperti Hilux dan Fortuner.

Laporan tersebut juga menyebutkan, produksi model baru Fortuner harusnya dimulai pada Mei 2020, namun harus ditunda sampai Juni mendatang.

Fortuner juga diproduksi di Indonesia oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di pabrik Karawang I, Jawa Barat. Indonesia juga basis ekspor untuk SUV ladder frame ini ke sejumlah negara di dunia.

 Baca juga: Harga Mobil di Bursa Lelang Anjlok, LCGC Mulai Rp 40 Jutaan

 

Olah digital hilux faceliftmilele motors Olah digital hilux facelift

Selain Fortuner facelift, pabrik tersebut juga akan memproduksi model baru Hilux. Pikap kabin ganda ini diberi kode produksi 645B. Sementara Fortuner tidak disebutkan lebih rinci, tapi diprediksi mengusung kode serupa.

Apalagi keduanya dirakit di pabrik yang sama, dan dibangun menggunakan basis konstruksi sasis IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) yang lazim dipakai model SUV, pikap, dan mobil penumpang Toyota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.