FIF Group Ringankan Cicilan 149.000 Konsumen yang Terdampak Pandemi

Kompas.com - 20/04/2020, 16:21 WIB
Ilustrasi pelayanan kantor FIF Group IstimewaIlustrasi pelayanan kantor FIF Group
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengumumkan bakal memberikan keringanan kredit bagi debitur bank dan perusahaan pembiayaan yang terdampak Covid-19.

Sebagai salah satu perusahaan pembiayaan, FIF Group memberikan keringanan angsuran berupa perpanjangan masa angsuran dan penurunan suku bunga.

Dalam keterangan resminya, FIF Group menyatakan telah menyetujui 149.793 aplikasi relaksasi konsumen atau setara nilai kredit Rp 1,5 triliun.

Baca juga: Jurus Sederhana Bikin Maling Malas Mencuri Mobil

Peluncuran E-Library oleh FIF Groupdok FIF Group Peluncuran E-Library oleh FIF Group

Angka paling besar berasal dari sektor UMKM, karyawan, dan pedagang informal dengan jumlah mencapai 81.291 persetujuan aplikasi.

Sementara dari sektor transportasi, termasuk ojek online, dan yang bekerja sebagai sopir mencapai 14.150 persetujuan aplikasi.

Sedangkan dari sisi wilayah, konsumen yang mengajukan relaksasi kredit paling banyak berasal dari Jawa Barat, Jakarta, Jawa Timur, serta Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi SUV Baru Toyota Berbasis Yaris

Ilustrasi membayar angsuran kendaraan bermotor di kantor cabang FIF GroupIstimewa Ilustrasi membayar angsuran kendaraan bermotor di kantor cabang FIF Group

Margono Tanuwijaya, Presiden Direktur PT Federal International Finance (FIF Group), mengatakan, program yang dilakukan perusahaan bertujuan untuk membantu konsumen seperti yang dianjurkan pemerintah.

“Kami selalu memonitor tiap hari agar semua proses berjalan lancar sesuai program, meski ada kadangkala di beberapa tempat di Indonesia masih perlu sosialisasi untuk beberapa konsumen,” ujar Margono, dalam keterangan resmi (19/4/2020).

"Tidak semua konsumen FIF Group dapat dikatakan layak menerima program relaksasi pembayaran kredit, ada kriteria dan ketentuan khusus yang telah ditetapkan. Tentu saja hal ini sudah melalui tahap perhitungan dan mitigasi yang selektif," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X