Bocoran Spesifikasi SUV Baru Toyota Berbasis Yaris

Kompas.com - 20/04/2020, 07:22 WIB
Gambar terkaan SUV baru berbasis Toyota Yaris bestcarweb.jpGambar terkaan SUV baru berbasis Toyota Yaris

JAKARTA, KOMPAS.comToyota telah mengumumkan bakal menghadirkan sebuah SUV baru yang mengambil basis dari Yaris. Namun model yang seharusnya tampil di Geneva Motor Show 2020 ini batal meluncur karena pandemi Covid-19.

Kehadiran mobil baru atau Yaris versi crossover itu pun harus ditunda selama beberapa minggu atau beberapa bulan ke depan.

Baru-baru ini laman Best Car Web menyebutkan, bahwa SUV berbasis Yaris ini awalnya akan diperkenalkan sekitar musim gugur 2020.

Baca juga: Begini Bocoran Tampang Nissan X-Trail Terbaru

Ilustrasi SUV baru berbasis Toyota Yarisbestcarweb.jp Ilustrasi SUV baru berbasis Toyota Yaris

Tapi jadwal rilisnya kembali molor hingga musim semi 2021, atau sekitar Maret sampai Juni tahun depan, lantaran pandemi.

Masih dari sumber yang sama, sedikit demi sedikit dimensi dari SUV ini pun mulai terkuak. Kabarnya mobil ini memiliki ukuran (PxLxT) 4.170 mm x 1.765 mm x 1.555 mm, dengan jarak sumbu roda 2.560 mm.

Jika dibandingkan dengan All New Toyota Yaris yang sudah meluncur di Jepang, SUV segmen B ini, punya dimensi lebih besar di semua bagian. Bodi lebih panjang 230 mm, lebar 75 mm, tinggi 70 mm, serta wheelbase yang berbeda 10 mm.

Baca juga: Murah Meriah, Bikin Suzuki Jimny Terbaru Jadi Katana Lawas

Calon SUV Baru Berbasis Toyota Yarisautoexpress.co.uk Calon SUV Baru Berbasis Toyota Yaris

Sedangkan jika dibandingkan Honda HR-V, yang berdimensi (PxLxT) 4.294 mm x 1.772 mm x 1.580 mm, serta jarak sumbu roda 2.610 mm. Ukuran SUV berbasis Yaris ini akan terasa mirip.

Urusan dapur pacu, SUV ini kabarnya akan mengusung dua pilihan mesin, yakni 1.500 cc bensin dan 1.500 cc hybrid.

Di atas kertas, mesin bensin berkode M15A-FKS 1.500 cc 3-silinder miliknya sanggup hasilkan tenaga 120 ps dan torsi 145 Nm, yang dikawinkan dengan transmisi direct shift CVT.

Baca juga: Ingat lagi Sindiran Keras Stoner kepada Rossi yang Melegenda

Gambar terkaan SUV baru berbasis Toyota Yarisbestcarweb.jp Gambar terkaan SUV baru berbasis Toyota Yaris

Luapan tenaga SUV berbasis Yaris ini juga mirip dengan HR-V, yang mengusung mesin 1.500 cc 4-silinder i-VTEC bertenaga 120 ps dan torsi 145 Nm, dengan pilihan transmisi otomatis CVT dan manual 6-percepatan.

Sementara mesin hybrid calon SUV baru ini mengusung basis yang serupa dengan milik Yaris hybrid, yaitu unit M15A-FXE dengan motor listrik bertenaga 80 ps dan torsi 142 Nm di depan, serta motor listrik dengan tenaga 5,3 ps dan torsi 51,3 Nm di belakang.

Bicara soal harga, SUV berbasis Yaris ini bakal dibanderol di kisaran 2,1 juta Yen hingga 2,5 juta Yen, atau setara Rp 307 jutaan sampai Rp 365 jutaan.

Harga jualnya jelas berada di rentang harga yang sama dengan HR-V, untuk diketahui SUV Honda itu dibanderol sekitar Rp 297 juta (tipe S M/T) hingga Rp 348,3 (tipe E CVT Special Edition).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X