Knalpot Motor Ngelitik Usai Dipakai, Ini Alasannya

Kompas.com - 18/04/2020, 17:02 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Sepeda motor menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Dalam perkembangannya, populasi motor dengan mesin empat langkah jauh mendominasi dari dua tak.

Banyak perbedaan dari kedua jenis mesin tersebut, salah satunya adalah pada bagian knalpotnya.

Selain bentuknya, ada hal lain yang berbeda dari knalpot tersebut, yakni adanya suara ngelitik pada knalpot empat tak.

Baca juga: Deretan Motor Lawas yang Harganya Semakin Mahal

Pernahkah kita memperhatikan munculnya suara ngelitik pada knalpot motor empat tak yang baru saja dipakai?

Suara yang seperti knalpot diketuk-ketuk (ting-ting) pelan itu terdengar dengan ritme yang sama dan berlangsung hingga beberapa saat.

Pilihan knalpot racing Honda ADV 150 di IIMS Motobike Expo 2019Kompas.com/Donny Pilihan knalpot racing Honda ADV 150 di IIMS Motobike Expo 2019

Banyak juga yang berpikiran bahwa suara tersebut bertanda ada kerusakan pada bagian knalpotnya.

Tetapi, jangan dulu cepat berasumsi seperti itu. Pasalnya, suara ting-ting pada knalpot motor empat tak adalah hal yang wajar.

Suara tersebut bukan sebagai tanda bahwa ada kerusakan pada sepeda motor apalagi pada bagian pembuang asap tersebut.

Pemilik bengkel Tanjung Motor di Solo, Djoko Prayitno menjelaskan, suara yang muncul pada knalpot tersebut adalah efek dari pemuaian yang terjadi pada knalpot.

Baca juga: Di Tengah Pandemi Corona, Servis Motor Bisa Dilakukan di Rumah

“Karena knalpotnya panas sehingga memuai dan setelah digunakan, posisi knalpot akan kembali seperti sebelumnya. Sehingga memunculkan suara suara tersebut,” katanya kepada Kompas.com, Sabtu (18/4/2020).

Seorang pengendara sepeda motor mencopot knalpot bising dihadapan polisi saat terjaring razia, Rabu (20/11/2019). Selain ditilang, pelanggar tersebut disuruh membuat pernyataan tertulis di atas meterai untuk tidak memakai kembali knalpot bising tersebut.Istimewa Seorang pengendara sepeda motor mencopot knalpot bising dihadapan polisi saat terjaring razia, Rabu (20/11/2019). Selain ditilang, pelanggar tersebut disuruh membuat pernyataan tertulis di atas meterai untuk tidak memakai kembali knalpot bising tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.