PSBB di Bogor, Banyak Pelanggar Tak Tahu Aturan Posisi Duduk Penumpang

Kompas.com - 18/04/2020, 16:42 WIB
Polisi memberhentikan mobil berpenumpang yang melanggar aturan saat pemeriksaan kepatuhan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (13/4/2020). Pemeriksaan tersebut untuk memastikan setiap pengendara mobil dan motor mematuhi aturan PSBB yang diterapkan di DKI Jakarta. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak APolisi memberhentikan mobil berpenumpang yang melanggar aturan saat pemeriksaan kepatuhan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (13/4/2020). Pemeriksaan tersebut untuk memastikan setiap pengendara mobil dan motor mematuhi aturan PSBB yang diterapkan di DKI Jakarta. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Penulis Ari Purnomo
|

BOGOR, KOMPAS.com - Kota Bogor sudah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sejak Rabu (15/4/2020).

Penerapan ini bersamaan dengan empat wilayah lain di Provinsi Jawa Barat, seperti di Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi dan Kota Depok.

Sejak pemberlakukan PSBB, evaluasi terus dilakukan oleh Pemkot Bogor untuk meminimalisir pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat.

Pasalnya, sejak penerapan beberapa hari yang lalu pelanggaran masih saja terjadi hampir di semua poin aturan yang sudah ditetapkan.

Baca juga: Deretan Motor Lawas yang Harganya Semakin Mahal

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim mengatakan, hasil evaluasi yang sudah dilakukan masih banyak ditemukan pelanggaran.

Menurut dia, paling banyak di antaranya adalah masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi roda empat belum paham benar mengenai konfigurasi penumpang yang diperbolehkan.

PSBB Kota Bogortribunnews.com PSBB Kota Bogor

“Kemudian juga kendaraan angkutan umum seperti bus juga masih banyak yang melakukan pelanggaran seperti social dan physical distancing,” katanya kepada Kompas.com, Sabtu (18/4/2020).

Dedie menambahkan, masih banyak juga ditemukan masyarakat yang enggan memakai dan juga belum memiliki masker.

“Di beberapa bidang yang bukan sektor yang dikecualikan juga masih banyak yang beroperasi,” ujarnya.

Baca juga: Selama PSBB, Bayar Pajak Kendaraan Lebih Mudah Lewat Online, Ini Caranya

Dengan pelanggaran tersebut, Dedie mengatakan, pihaknya sudah memberikan surat teguran dan sudah dikoordinasikan dengan Polresta Bogor untuk tindakan selanjutnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.