Saat Pandemi Corona, Diskon Mobil Murah Tembus Rp 20 Juta

Kompas.com - 18/04/2020, 09:51 WIB
Segmen LCGC. Stanly/KompasOtomotifSegmen LCGC.
Penulis Ari Purnomo
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Diskon atau potongan harga menjadi salah satu daya tarik calon konsumen untuk membeli mobil.

Cara inilah yang menjadi andalan para pabrikan di tengah kondisi yang tidak menentu karena pandemi corona atau covid-19.

Untuk segmen mobil murah atau low cost green car ( LCGC), hampir setiap pabrikan memberikan potongan harga mulai Rp 6 juta sampai puluhan juta rupiah.

Baca juga: Di Tengah Pandemi Corona, MPV Murah Diskon Hingga Rp 30 Juta

Tak bisa dipungkiri, mobil murah masih menjadi pilihan bagi para konsumen. Selain karena harganya yang kompetitif, desain menarik serta hemat bahan bakar menjadi pertimbangan lainnya.

Mobil murah yang menyuguhkan potongan harga di antaranya, Daihatsu Ayla. Diskon yang diberikan mulai dari Rp 8 juta sampai dengan Rp 12 juta tergantung variannya.

Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADMADM Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADM

“Untuk potongan harganya juga tergantung variannya, ada yang Rp 8 juta hingga Rp 12 juta,” kata salah satu pramuniaga Daihatsu di Jakarta Timur, kepada Kompas.com belum lama ini.

Sementara, untuk tipe yang lainnya seperti Sigra NIK 2019 kena rabat Rp 10 juta. Hanya saja stoknya sudah tidak banyak. Sigra model 2020 diskonnya Rp 6 juta.

Pabrikan lainnya seperti Toyota juga tidak kalah dalam memberikan diskon. Salah seorang pramuniaga di Depok mengatakan, bahwa potongan harga hanya berlaku untuk model yang lama.

“Kalau model barunya memang belum ada diskon, adanya yang model lama maksimal Rp 10 juta,” katanya.

Baca juga: Deretan Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan

Bagi calon konsumen yang tertarik untuk memiliki tipe yang lainnya seperti Calya juga ada potongan harga mulai dari Rp 7 juta. Potongan harga ini hanya berlaku untuk NIK 2020 saja.

Sedangkan untuk pabrikan Honda dengan produk andalannya Brio juga memberikan diskonnya. Hanya saja, potongannya tidak terlalu banyak hanya berkisar Rp 3 juta sampai Rp 7 juta.

Daihatsu Ayla, Honda Brio, dan Toyota Agya adalah para pemain di segmen LCGCRianto Prasetyo/GridOto.com Daihatsu Ayla, Honda Brio, dan Toyota Agya adalah para pemain di segmen LCGC

“Brio diskon Rp 7 juta untuk NIK 2019 dan sekitar Rp 3 juta untuk NIK 2020,” ujarnya.

Sementara, pabrikan Suzuki dengan Karimun Wagon R, juga memberikan diskon mulai Rp 10 juta hingga Rp 20 juta.

Baca juga: Saat Pandemi Corona, Uang Rp 70 Juta Bisa Bawa Pulang Xenia 2010

“Karimun Wagon R Model 2019 diskonnya mencapai Rp 20 juta, untuk model 2020 sekitar Rp 10 juta,” kata salah seorang pramuniaga Suzuki di Jakarta Timur.

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X