Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Rumah Aja, Sambil Rawat Dasbor Pakai Body Lotion

Kompas.com - 16/04/2020, 11:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan oleh pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus corona atau covid-19, salah satunya caranya adalah di rumah aja.

Kondisi ini pada akhirnya membuat mobil kesayangan jarang digunakan dan lebih banyak pakir di garasi. Dari pada hanya berdiam diri, sebaiknya pemilik mobil melakukan aktivitas yang bermanfaat, seperti melakukan perawatan interior mobil.

Apalagi ketika menghadapi cuaca panas seperti sekarang ini.

Baca juga: Polisi Mulai Data Pengemudi Bus, Truk dan Taksi buat Pemberian Insentif

Bagian interior akan terkena imbas akibat adanya peningkatan suhu ketika mobil sering terjemur matahari. Bila terlalu sering, tentu bisa menimbulkan beberapa masalah, contohnya material dasbor yang kusam hingga retak, ataupun lapisan kulit sintetis jok yang mudah getas.

Karena itu, sebelum kerusakan semakin parah, lebih baik pemilik mobil melakukan langkah-langkah perawatan. Tidak harus mengandalkan salon mobil khusus tapi cukup dengan cara sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Dashboard Honda New-CR-VAzwar Ferdian/KompasOtomotif Dashboard Honda New-CR-V

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Jakarta Selatan, Suparna, mengatakan, untuk sektor dasbor yang penting diperhatikan adalah bagian atas karena paling sering terpapar sinar matahari dari luar.

“Untuk perawatan sederhananya bisa dengan cairan khusus yang sifatnya melindungi dari sinar UV, atau bila tidak punya bisa menggunakan pelembab kulit (body lotion) juga karena tidak banyak mengandung zat kimia. Cukup olesakan di area dasbor terutama yang sering terkena sinar matahari,” ujar Suparna kepada Kompas.com belum lama ini di Jakarta.

Baca juga: Aplikasi Baru Yamaha Bisa Deteksi Riwayat Motor dari 2011

Setelah dioleskan, jangan lupa langsung dilap menggunakan bahan microfiber yang halus, agar bekas lotion tadi tidak meninggalkan efek lengket yang nantinya justru menjadi sarang debu.

Suparna juga menganjurkan pemilik mobil untuk membersihkan dasbor dan sudut-sudut tertentu lebih dulu sebelum memoles dengan cairan lotion.

Jangan lupa untuk memoles bagian doortrim, karena kebanyakan material sama-sama plastik, maka langkah yang dilakukan juga sama saja dengan membersihkan dasbor tadi.

“Tidak masalah menggunakan lotion pada material kulit sintetis. Hal tersebut justru penting dilakukan untuk menjaga kelenturannya agar tidak mudah getas. Minimal lakukan dua minggu sekali atau maksimal satu bulan sekali. Jangan lupa juga untuk vacum daerah bawah kursi penegemudi yang banyak debunya,” kata Suparna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com