Sering Panaskan Mesin Motor Selama Masa PSBB Justru Berdampak Buruk?

Kompas.com - 13/04/2020, 09:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena adanya pandemi Covid-19 atau virus Corona, masyarakat diminta untuk sebisa mungkin berada di rumah saja. Hal ini membuat kendaraan, seperti sepeda motor, jadi jarang digunakan atau bahkan tidak digunakan.

Untuk tetap merawat motor, perlu dipanaskan mesinnya. Namun, memanaskan mesin motor dengan frekuensi yang sering juga tidak baik.

Baca juga: Jangan Panaskan Motor di Dalam Ruangan

Wahyudin, Kepala Mekanik bengkel AHASS Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, memanaskan motor memang wajib dilakukan sehari sekali. Namun, waktu memanaskan hanya sekitar 5 menit sampai 10 menit saja.

Memanaskan mesin motor injeksi, maksimal 1 menit.about.com Memanaskan mesin motor injeksi, maksimal 1 menit.

"Jika sampai seminggu tidak dipanaskan, takutnya akinya akan drop atau soak. Selain itu, disarankan agar menyimpan motor dengan menggunakan standar tengah agar tekanan ban tetap terjaga," ujar Wahyu, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Wahyu menambahkan, asalkan tidak lebih dari 10 menit, maka tidak masalah. Sebaiknya, jangan hanya dipanaskan, tapi juga dibawa jalan.

"Agar komponen yang bergerak atau dinamis tidak menjadi kaku. Contohnya, suspensi kalau didiamkan dalam jangka waktu yang lama justru berdampak buruk. Sebab, beberapa bagiannya adalah karet yang jika lembab atau tidak ada pergerakan malah getas atau retak," kata Wahyu.

Baca juga: Buang Kebiasaan Lama Panaskan Motor Sambil Geber Gas

Dadan Danil, Technical Traning 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, memanaskan mesin sebaiknya dilakukan sehari sekali atau maksimal tiga hari sekali. Jika memungkinkan, sekalian dibawa jalan.

"Jika didiamkan, mesin tidak terkena angin, malah jadi cepat panas. Efek buruk dari sering memanaskan motor akan membuat frekuensi penggantian oli mesin menjadi lebih cepat," ujar Dadan.

Sebab, penggantian oli mesin tidak hanya berpatokan terhadap jarak tempuh saja. Ketika mesin dihidupkan, meski tidak dijalankan, akan mengurangi masa pakai oli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.