Kompas.com - 31/03/2020, 17:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjalani program pemerintah untuk kerja dari rumah atau work from home (WFH) guna menekan penyebaran virus corona alias Covid-19 bisa membuat mobil jadi jarang digunakan.

Pengurangan intensitas penggunaan kendaraan bisa berimbas pada beberapa bagian komponen. Meski tidak fatal, tapi fungsi bagian terkait bisa berkurang.

Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi menyatakan, salah satu komponen yang rawan terdampak karena berkurangnya penggunaan kendaraan adalah cakram rem. Pada kasus tertentu, bagian ini bisa karatan.

Baca juga: Mobil Jarang Dipakai Saat WFH, Jangan Lupa Isi Bensin Penuh

Sistem pengereman cakram. tinypic.com Sistem pengereman cakram.

"Brake disc itu materialnya besi, dan dia terekspose langsung ke udara. Jadi ketika mobil tidak digunakan ada kemungkinan terjadi karat. Namun ini hanya karat permukaan saja," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Karat tersebut, ujar Anjar, tidak berbahaya dan cepat hilang dengan cara menjalankan mobil. Tetapi kalau mobil didiamkan selama berbulan-bulan karat permukaan bisa merambat sampai ke dalam cakram.

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini Ketika Mobil Jarang Dipakai Selama Masa WFH

Karat pada piringan cakram mobilKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Karat pada piringan cakram mobil

"Saat itu terjadi, bisa menimbulkan karat. Namun secara fungsi tidak ada apa-apa. Hilangkannya dengan digunakan, nanti karat permukaan di disc brake hilang atau terkikis," kata Anjar.

Hal serupa juga dinyatakan Service Department Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Anjar Kisworo. Menurutnya, meskipun ada imbauan WFH sebaiknya mobil dipanaskan paling tidak seminggu sekali.

"Kemudian, jalankan mobil beberapa saat sambil dipanaskan. Terkait dampak karat sendiri, bisa menyebabkan berkurangnya performa rem dan bisa menimbulkan bunyi," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.