Mobil Jarang Dipakai Saat WFH, Jangan Lupa Isi Bensin Penuh

Kompas.com - 31/03/2020, 12:42 WIB
Chevrolet Spin akan mengalami perbaikan massal terkait masalah katup tangki bensin dan fusebox. KompasOtomotif-Donny AprilianandaChevrolet Spin akan mengalami perbaikan massal terkait masalah katup tangki bensin dan fusebox.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendukung program work from home ( WFH), guna menekan penyebaran virus covid-19 atau corona bisa jadi membuat kendaraan baik mobil atau sepeda motor jadi jarang digunakan.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Jakarta Selatan, Suparna, mengatakan, jika mobil jarang digunakan usahakan bahan bahar di dalam tangki terisi penuh untuk menghindari kondenasi atau pengembunan.

Baca juga: Efek Buruk Bensin Basi Terhadap Mesin Mobil

Ilustrasi mobil terparkir.THINKSTOCKPHOTOS Ilustrasi mobil terparkir.

"Biar aman untuk kendaraan yang berbahan bakar bensin, cukup isi penuh, makin penuh makin bagus. Karena saat tangki penuh maka udara di dalam tangki jadi sedikit atau tidak ada. Tapi kalau kosong maka udara yang ada di dalam tangki itu, saat malam dan pagi suhunya dingin akan terkondensasi, mengembun dan jadi air," kata Suparna kepada Kompas.com, Selasa (31/3/2020).

Baca juga: Berapa Lama Bensin Bisa Bertahan di Dalam Tangki?

Suparna mengatakan, proses kondensasi bisa makin cepat terjadi jika bensin hanya sedikit. Sebab udara penyebab pengembunan juga makin banyak di dalam tangki, terlebih jika suhunya turun terus.

"Udara masuk lewat lubang pernafasan. Jika setiap hari itu terus terjadi, jadi makin hari kandungan airnya makin besar dan banyak, hal itu nanti malah bisa membuat korosif (berkarat) tangki bahan bakar," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X