Parkir Mobil di Bawah Sinar Matahari Punya Efek Buruk Bagi Bodi

Kompas.com - 30/03/2020, 09:42 WIB
Ilustrasi parkir mobil Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali KOMPAS.com/SRI LESTARIIlustrasi parkir mobil Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah pandemi corona atau Covid-19 yang tengah ramai di Indonesia, sejumlah orang kerap melakukan kebiasaan baru dengan berjemur di bawah sinar matahari. Cara ini dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh manusia, terutama jika dilakukan pada waktu yang pas sekitar pukul 10.00.

Meski baik bagi manusia, rupanya berjemur punya efek buruk bagi mobil. Ada beberapa kerugian yang bisa dirasakan jika membiarkan mobil terjemur di bawah sinar matahari.

Pertama adalah karet wiper yang mengeras atau getas, kondisi ini terjadi jika mobil sering diparkir di tempat yang langsung terkena sinar matahari.

Baca juga: Polisi Simulasi Karantina Wilayah, Tutup Akses Jalan Keluar Masuk Jakarta

Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.

“Karet wiper itu tidak boleh terkena panas, sebab teksturnya bisa berubah,” ucap Raymundus Arief, Marketing Manager Scuto Indonesia, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Kalau sudah getas, saat digunakan dapat meninggalkan goresan di kaca, ini yang bahaya karena dapat mengganggu visibilitas saat berkendara,” kata Ray.

Kerugian berikutnya adalah mika lampu mobil yang cepat menguning. Seperti halnya wiper, mika lampu yang terbuat dari bahan akrilik lebih rentan saat terkena cahaya matahari.

Baca juga: Hari Ini Balapan MotoGP Virtual Dimulai, Tanpa Kehadiran Rossi

Ilustrasi proses pembersihan mika lampu mobilcarsales.com.au Ilustrasi proses pembersihan mika lampu mobil

Mika lampu yang menguning dapat mengurangi pancaran sinar lampu, lampu jadi terkesan redup, tak seterang biasanya,” ujarnya.

“Padahal itu karena mikanya buram, selain itu biasanya juga ada baret-baret halus di mika lampu,” ucap Ray.

Terakhir, cahaya matahari ternyata juga bisa membuat kualitas cat mobil menurun. Sebab mobil yang sering dijemur membuat cat lebih cepat pudar.

Baca juga: Amankah Semprot Kabin Mobil dengan Cairan Disinfektan?

Ilustrasi Coating MobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi Coating Mobil

“Untuk menghindari efek tersebut, sebaiknya mobil harus diparkir di tempat yang rindang atau lebih aman cari tempat parkir gedung atau basement, supanya tidak terkena sinar matahari langsung,” katanya.

“Di samping itu, penting juga untuk memberikan coating agar lapisan cat lebih tahan dengan efek panas matahari,” ujar Ray.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X