Mengetahui Letak dan Arti Nomor Mesin pada Mobil

Kompas.com - 30/03/2020, 06:32 WIB
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengecek fisik dua mobil Lamborghini yang diamankan karena tidak memiliki surat kendaraan resmi, Selasa (2/9/2014). KOMPAS.COM/LAILA RAHMAWATIDirektorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengecek fisik dua mobil Lamborghini yang diamankan karena tidak memiliki surat kendaraan resmi, Selasa (2/9/2014).
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap kendaraan bermotor yang beredar di pasaran, pastinya dilengkapi dengan syarat administrasi sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Salah satunya, yaitu keberadaan nomor mesin.

Nomor mesin ini tidak hanya ada pada bagian jantung pacu, tetapi juga tertera pada Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK), maupun Buku Pemilik Kendaraan Bermotor ( BPKB).

Kesesuaian setiap huruf dan angka pada mesin dengan yang ada pada STNK maupun BPKB harus dipastikan sama. Hal ini menjadi bukti bahwa kendaraan itu resmi yang dikeluarkan oleh pabrikan.

Kode ini tidak hanya sebagai pelengkap yang ditulis pada mesin kendaraan. Tetapi, ada arti dari setiap huruf maupun angka nomor mesin tersebut.

Baca juga: Mengenal Istilah Korok Radiator

Dari rangkaian huruf dan nomor itu, bisa diketahui beberapa informasi mengenai kendaraan bermotor.

Ilustrasi mesin Toyota Kijang Innova ala Innova Community Racing Team (ICRT) Ilustrasi mesin Toyota Kijang Innova ala Innova Community Racing Team (ICRT)

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, informasi yang bisa diketahui dari sebuah nomor mesin adalah kode mesin yang dipakai, tipe dan juga waktu perakitan.

“Huruf di depan nomor menjelaskan mengenai tipe mesinnya, sedangkan untuk nomor hanya urutan perakitan di pabrik,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (29/3/2020).

Misalkan, pada nomor mesin tertulis 4K pada kode pertama. Hal itu menginformasikan bahwa jenis mesin yang terpasang pada mobil tersebut adalah jenis 4K.

“Kalau tahun perakitan sepertinya tidak ada pada kode itu, itu hanya urutan perakitan saat di pabrik saja,” ucapnya.

Baca juga: Catat, Ini Arti Angka pada Tutup Radiator Mobil

Letak nomor mesin dari setiap jenis mobil dan pabrikan tidaklah sama. Ada yang posisinya mudah ditemukan karena berada di tempat yang terlihat.

Ilustrasi STNK Motor Listrik SDRIstimewa Ilustrasi STNK Motor Listrik SDR

“Tetapi ada pula yang ditempatkan di posisi yang sulit dijangkau, ada yang di balik intake,” kata Didi.

Keberadaan nomor mesin ini juga sangat diperlukan saat proses pajak lima tahunan atau ganti plat nomor. Hal ini karena, kendaraan harus dibawa ke kantor Samsat untuk dilakukan registrasi ulang.

Baca juga: Tidak Perlu ke Samsat, Begini Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

“Kalau untuk pajak lima tahunan kendaraan harus dibawa ke kantor Samsat, karena ada pengecekan nomor mesin dan rangka,” kata Kasi Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB) Unit Pengelola Pendapatan Daerah ( UPPD) kantor Samsat Solo, Nurma Riyanti.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X