Begini Cara Membaca Nomor Rangka Mobil

Kompas.com - 30/03/2020, 07:12 WIB
Ilustrasi rangka (sasis) dan bodi mobil. AutomobilesReview.comIlustrasi rangka (sasis) dan bodi mobil.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nomor rangka mobil ternyata tidak hanya sebatas kode yang terdiri dari huruf dan angka yang berjumlah 17 saja.

Kode dibuat sesuai dengan standar internasional yang berisi tentan sejumlah informasi mengenai mobil tersebut.

Kode ini juga dikenal dengan nama Vehicle Identification Number atau VIN. Melansir dari laman Facebook PT Jasa Raharja persero menyebutkan, di dunia terdapat beberapa format standard VIN yang digunakan.

Misalkan di Indonesia yang mengacu pada standar ISO 3779. VIN menurut ISO 3779 terdiri dari 17 digit yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu 3 digit pertama WMI (World Manufacture Identifier), digit ke 4-9 VDS (Vehicle Descriptor Section) dan 8 digit terakhir adalah VIS (Vehicle Identifier Section).

Baca juga: Catat, Ini Arti Angka pada Tutup Radiator Mobil

Sebagai contoh misalnya no rangka kendaraan adalah “M H Y K Z E 8 1 S C J 1 1 5 0 4 5”

- 3 digit pertama adalah WMI (World Manufacture Identifier) yang menunjukkan identitas produsen kendaraan: MHY

- digit ke 4-9 adalah VDS (Vehicle Descriptor Section) : KZE81S

- 8 digit terakhir adalah VIS (Vehicle Identifier Section) : CJ115045

 

Pekerja menyelesaikan perakitan mobil New Mini Cooper Countryman di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018). Edisi pertama yang dirakit terdiri dari dua varian, yakni MINI Cooper Countryman dan New MINI Cooper S Countryman Sports.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pekerja menyelesaikan perakitan mobil New Mini Cooper Countryman di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018). Edisi pertama yang dirakit terdiri dari dua varian, yakni MINI Cooper Countryman dan New MINI Cooper S Countryman Sports.

Cara membacanya adalah

- Tiga digit pertama : ‘MHY’

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X