Letak Nomor Rangka Mobil Ternyata Berbeda-beda, Ini Alasannya

Kompas.com - 30/03/2020, 06:50 WIB
Stiker Nomor Rangka yang Terpasang di Mobil Baru otomaniaStiker Nomor Rangka yang Terpasang di Mobil Baru
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencari letak nomor rangka mobil bisa dikatakan gampang-gampang susah. Jika mobil milik sendiri tentunya sudah hafal di mana posisi nomor rangka berada.

Tetapi, menjadi persoalan lain jika mobil tersebut bukan milik pribadi, tentunya tidak cukup mudah menemukannya.

Hal ini karena ada pabrikan roda empat yang menempelkannya di tempat yang mudah dilihat, tetapi ada pula yang agak tersembunyi.

Padahal, keberadaan nomor yang terdiri dari 17 angka dan huruf itu sangat penting, terlebih saat proses transaksi jual beli mobil.

Maka mau tidak mau harus mengetahui letak nomor rangka untuk mencocokkan dengan yang ada pada Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK) atau pun di Buku Pemilik Kendaraan Bermotor ( BPKB).

Baca juga: Antisipasi Corona, Layanan Bayar Pajak Kendaraan Mulai Dibatasi

Setiap huruf maupun angka yang ada di rangka harus cocok atau sesuai dengan yang ada di dalam STNK maupun BPKB. Jika tidak, ada indikasi bahwa kendaraan tersebut tak resmi atau pernah dilakukan penggantian.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi menjelaskan, setiap pabrikan mempunyai penempatan nomor rangka atau Vehicle Identification Number ( VIN) yang berbeda-beda.

Ilustrasi sasis monokok.blogger.com Ilustrasi sasis monokok.

“Kebanyakan untuk model monocoque (monokok) itu ada di bawah jok kursi depan, sedangkan untuk mobil yang menggunakan sasis di bagian sasisnya,” kata Didi kepada Kompas.com, Minggu (29/3/2020).

Baca juga: Tidak Perlu ke Samsat, Begini Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

Didi menambahkan, dalam kode pada nomor rangka tersebut terdapat sejumlah informasi yang bisa diketahui. Misalkan, mengenai tempat perakitan mobil, tipe atau model mobil, dan berbagai informasi lainnya.

“Misalkan kode di depan itu MHF itu pasti produksi dari Indonesia. Kalau yang produksi dari luar negeri kode di depannya juga akan berbeda dan pasti bukan MHF,” ucap Didi.

Ilustrasi rangka (sasis) dan bodi mobil.AutomobilesReview.com Ilustrasi rangka (sasis) dan bodi mobil.

Penempatan nomor rangka ini, kata Didi, kadang juga dipengaruhi oleh model mobil tersebut. Sehingga, antara mobil satu dengan yang lain tidak akan sama.

Baca juga: Warga Jateng Bisa Bayar Pajak Kendaraan Secara Online, Begini Caranya

“Kalau mobil yang masih menggunakan sasis biasanya nomor rangka itu berada di sasisnya, tetapi kalau yang tidak menggunakan sasis seperti sedan itu ada di jok depan, atau di bagian lain,” ujarnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X