Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Isi Bensin Wajib Penuh? | Datsun Jadi LCGC Termurah di Pasar Mobil Bekas

Kompas.com - 26/03/2020, 06:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Adanya kebijakan kerja dari rumah (Work From Home) selama dua pekan ini, apakah dalam mengisi bahan bakar minyak (BBM) perlu diisi sampai penuh? Informasi itu yang menarik perhatian masyarakat.

Selain itu, yang cukup ramai juga soal posisi Datsun di pasar mobil bekas, menjadi LCGC termurah.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Rabu 25 Maret 2020:

1. Mobil Istirahat Dua Minggu Sebaiknya Isi Bensin di Posisi Seberapa?

Petugas menunjukkan nozzle dispenser yang telah dilengkapi Radio Frequency Identification Device (RFID) Reader pada acara simulasi ujicoba RFID di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 31.10202 di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2013). Ujicoba tersebut tersebut sebagai implementasi dari program sistem monitoring dan pengendalian BBM berbasis teknologi informasi.
KOMPAS/PRIYOMBODO Petugas menunjukkan nozzle dispenser yang telah dilengkapi Radio Frequency Identification Device (RFID) Reader pada acara simulasi ujicoba RFID di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 31.10202 di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2013). Ujicoba tersebut tersebut sebagai implementasi dari program sistem monitoring dan pengendalian BBM berbasis teknologi informasi.

Mencegah virus corona untuk menyebar bisa dilakukan dengan tidak bepergian dan tetap di rumah. Kondisi ini tentu ikut menyebabkan mobil atau sepeda motor menganggur, alias diam diri di rumah.

Mobil yang terlalu lama didiamkan bisa menyebabkan beberapa masalah, salah satunya yaitu pada tangki bensin.

Kemudian, munculah pertanyaan, benarkah jika mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama, tangki bensin harus diisi penuh?
Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, mengisi tangki bahan bakar sampai penuh bisa mengurangi risiko kondensasi.

Baca juga: Mobil Istirahat Dua Minggu Sebaiknya Isi Bensin di Posisi Seberapa?

2. Nasib Datsun di Pasar Mobil Bekas, Jadi LCGC Paling Murah

Datsun Go Full Aksesoris OEMKOMPAS.com/Stanly Datsun Go Full Aksesoris OEM

Selain Chevrolet, merek Datsun juga telah menghentikan aktivitasnya di Indonesia pada tahun ini. Meski demikian, layanan purnajual Datsun masih tersedia dan dipegang oleh diler resmi Nissan.

Sejak lahir kembali pada 2014, Datsun mengisi segmen mobil murah atau low cost green car ( LCGC) lewat model Go dan Go+. Pada 2018, Datsun juga meluncurkan Cross, yang jadi model flagship-nya di Indonesia.

Meski begitu, penjualan mobil baru Datsun bisa dibilang tak semasif kompetitor di segmen LCGC. Hal ini rupanya turut berimbas dengan kondisinya di pasar mobil bekas.

Baca juga: Nasib Datsun di Pasar Mobil Bekas, Jadi LCGC Paling Murah

3. Ini Mobil Chevrolet Bekas yang Bakal Jadi Incaran Orang

Chevrolet Spin Activ bisa menjadi andalan saat keluar dari rutinitas.KompasOtomotif-donny apriliananda Chevrolet Spin Activ bisa menjadi andalan saat keluar dari rutinitas.

Mobil bekas lansiran Chevrolet barangkali bukan selera semua orang. Hal ini jadi salah satu alasan mengapa harga sekennya cenderung anjlok.

Meski begitu, ada beberapa model Chevrolet yang berpotensi melonjak harganya. Atau paling tidak mulai dicari dan disukai orang-orang.

Helmie Sarosa, pemilik showroom Kedai Built Up di Bekasi, Jawa Barat, mengatakan, salah satu faktor yang membuat sebuah mobil banyak diincar adalah ketersediaan unit yang jarang.

Baca juga: Ini Mobil Chevrolet Bekas yang Bakal Jadi Incaran Orang

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com