Nasib Datsun di Pasar Mobil Bekas, Jadi LCGC Paling Murah

Kompas.com - 25/03/2020, 08:32 WIB
Datsun Rising Day 2017 digelar di Sindu Kusuma Edupark, Yogyakarta, pada Sabtu (13/5/2017). Febri Ardani/OtomaniaDatsun Rising Day 2017 digelar di Sindu Kusuma Edupark, Yogyakarta, pada Sabtu (13/5/2017).
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain Chevrolet, merek Datsun juga telah menghentikan aktivitasnya di Indonesia pada tahun ini. Meski demikian, layanan purnajual Datsun masih tersedia dan dipegang oleh diler resmi Nissan.

Sejak lahir kembali pada 2014, Datsun mengisi segmen mobil murah atau low cost green car ( LCGC) lewat model Go dan Go+. Pada 2018, Datsun juga meluncurkan Cross, yang jadi model flagship-nya di Indonesia.

Meski begitu, penjualan mobil baru Datsun bisa dibilang tak semasif kompetitor di segmen LCGC. Hal ini rupanya turut berimbas dengan kondisinya di pasar mobil bekas.

Baca juga: Imbas Covid-19, Kemenhub Hapus Program Mudik Bareng Lebaran 2020

Datsun Go dan Go+ bekas agak jarang ditemui di dealer mobil bekasOtomania Datsun Go dan Go+ bekas agak jarang ditemui di dealer mobil bekas

Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan, mobil bekas Datsun lebih sulit ditemukan jika dibandingkan LCGC lainnya.

“Populasinya tidak banyak, jadi yang jual juga jarang. Kalau dibandingkan dengan Calya atau Sigra, perbandingannya bisa satu banding sepuluh, sedikit dan jarang kelihatan,” ucap Herjanto, kepada Kompas.com (24/3/2020).

Meski jarang ditemukan di pasar mobil bekas, ternyata tak membuat banderol Datsun meningkat. Melihat harga di situs jual beli online, harga jual mobil ini tetap lebih rendah jika dibandingkan LCGC kebanyakan.

Baca juga: Catat, Ini Arti Angka pada Tutup Radiator Mobil

Penyedia mobil bekas Mobil88Agung Kurniawan Penyedia mobil bekas Mobil88

Sebagai ilustrasi, Datsun Go atau Go+ lansiran 2014 saat ini dipatok sekitar Rp 65 jutaan hingga Rp 75 jutaan.

Sementara Daihatsu Ayla tahun yang sama bisa dijual Rp 75 jutaan sampai Rp 85 jutaan. Bahkan Toyota Agya masih dihargai di angka Rp 80 jutaan hingga Rp 90 jutaan.

“Selain lebih murah, secara umum peminat Datsun tak sebanyak Agya atau Ayla. Datsun lakunya pasti lebih lama, sekitar satu bulan di showroom baru bisa laku,” kata Gunawan, pemilik showroom Garasi Mobil di MGK Kemayoran Lt. 3, kepada Kompas.com (24/3/2020).



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X