Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Isi Bensin Wajib Penuh? | Datsun Jadi LCGC Termurah di Pasar Mobil Bekas

JAKARTA, KOMPAS.com - Adanya kebijakan kerja dari rumah (Work From Home) selama dua pekan ini, apakah dalam mengisi bahan bakar minyak (BBM) perlu diisi sampai penuh? Informasi itu yang menarik perhatian masyarakat.

Selain itu, yang cukup ramai juga soal posisi Datsun di pasar mobil bekas, menjadi LCGC termurah.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Rabu 25 Maret 2020:

1. Mobil Istirahat Dua Minggu Sebaiknya Isi Bensin di Posisi Seberapa?

Mencegah virus corona untuk menyebar bisa dilakukan dengan tidak bepergian dan tetap di rumah. Kondisi ini tentu ikut menyebabkan mobil atau sepeda motor menganggur, alias diam diri di rumah.

Mobil yang terlalu lama didiamkan bisa menyebabkan beberapa masalah, salah satunya yaitu pada tangki bensin.

Kemudian, munculah pertanyaan, benarkah jika mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama, tangki bensin harus diisi penuh?
Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, mengisi tangki bahan bakar sampai penuh bisa mengurangi risiko kondensasi.

2. Nasib Datsun di Pasar Mobil Bekas, Jadi LCGC Paling Murah

Selain Chevrolet, merek Datsun juga telah menghentikan aktivitasnya di Indonesia pada tahun ini. Meski demikian, layanan purnajual Datsun masih tersedia dan dipegang oleh diler resmi Nissan.

Sejak lahir kembali pada 2014, Datsun mengisi segmen mobil murah atau low cost green car ( LCGC) lewat model Go dan Go+. Pada 2018, Datsun juga meluncurkan Cross, yang jadi model flagship-nya di Indonesia.

Meski begitu, penjualan mobil baru Datsun bisa dibilang tak semasif kompetitor di segmen LCGC. Hal ini rupanya turut berimbas dengan kondisinya di pasar mobil bekas.

3. Ini Mobil Chevrolet Bekas yang Bakal Jadi Incaran Orang

Mobil bekas lansiran Chevrolet barangkali bukan selera semua orang. Hal ini jadi salah satu alasan mengapa harga sekennya cenderung anjlok.

Meski begitu, ada beberapa model Chevrolet yang berpotensi melonjak harganya. Atau paling tidak mulai dicari dan disukai orang-orang.

Helmie Sarosa, pemilik showroom Kedai Built Up di Bekasi, Jawa Barat, mengatakan, salah satu faktor yang membuat sebuah mobil banyak diincar adalah ketersediaan unit yang jarang.

4. GM Resmi Hengkang, Begini Kondisi Chevrolet di Pasar Mobil Bekas

Sejak akhir 2019 lalu, General Motors ( GM) telah memutuskan untuk menghentikan penjualan merek Chevrolet di Indonesia. Sedikit banyak kondisi ini akan mempengaruhi harga jual Chevrolet di pasar mobil bekas.

Pengumuman hengkang pun sudah resmi dimuat laman resmi Chevrolet Indonesia pada Maret 2020. Sejumlah pedagang pun mulai memprediksi seperti apa kondisi mobil bekas Chevrolet ke depannya.

Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan, faktor ketersediaan suku cadang dan anggapan merawat mobil Chevrolet yang sulit jadi penyebab harga kendaraan ini turun.

5. Bisakah Ayla Lawas Dimodifikasi dengan Jadi Facelift?

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan penyegaran alias versi facelift dari Ayla. Mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car ( LCGC) ini hadir dengan tampilan baru yang makin sporty.

Seperti yang dijelaskan Head of Styling Design Dept PT ADM Mark Widjaja, tampilan agresif dari Ayla terspirasi dari tongkrongan Ayla Turbo.

Lalu, apakah pemilik Ayla lawas juga bisa mengadopsi tampang Ayla facelift tersebut. Paling tidak dari sisi bumper dan gril di sektor depan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/26/060200215/-populer-otomotif-isi-bensin-wajib-penuh-datsun-jadi-lcgc-termurah-di-pasar

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.