Cara Benar Menjaga Interior Mobil Tetap Steril

Kompas.com - 17/03/2020, 16:01 WIB
Interior Mobil yang Pakai Bahan dari MBtech Aditya Maulana - OtomaniaInterior Mobil yang Pakai Bahan dari MBtech
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah menyebarnya virus corona, pemilik kendaraan harus bisa menjaga kondisi interior tetap bersih.

Sebab tak hanya virus, beragam kotoran dan bakteri bisa bertahan lama jika mobil jarang dibersihkan.

Kebetulan pemerintah tengah menganjurkan siapa saja untuk beraktivitas di rumah, untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Stefanus Yoga, pemilik Detailworks Motospa di Bintaro, Jakarta Selatan, mengatakan, proses pembersihan interior dapat dilakukan secara mandiri mengandalkan alat-alat yang sederhana.

Baca juga: Ramai Mobil Ceper Pakai Airsus, Bus Sudah Dahulu Pakai

Penampakan interior mobil BMW X7 dipamerkan saat peluncurannya di Jakarta, Senin (15/7/2019). BMW X7 xDrive40i Pure Excellence berjenis SUV (sport utility vehicle) yang dibekali mesin 3.0 liter enam silinder BMW TwinPower Turbo itu resmi meluncur di Indonesia dengan harga Rp2,399 miliar (off the road).KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBEL Penampakan interior mobil BMW X7 dipamerkan saat peluncurannya di Jakarta, Senin (15/7/2019). BMW X7 xDrive40i Pure Excellence berjenis SUV (sport utility vehicle) yang dibekali mesin 3.0 liter enam silinder BMW TwinPower Turbo itu resmi meluncur di Indonesia dengan harga Rp2,399 miliar (off the road).

“Pertama-tama, bisa dimulai dengan membuang seluruh sampah atau menurunkan barang yang tidak terpakai di mobil,” ujar Yoga, kepada Kompas.com (17/3/2020).

Jika sudah tak ada sampah, Anda bisa menyedot debu-debu di interior menggunakan vakum cleaner. Lakukan mulai dari selipan-selipan di dasbor, kisi-kisi AC, cup holder, door trim, jok, hingga lantai.

“Siapkan sikat khusus interior, seperti sikat kecil, interior cleaner atau all purpose cleaner, atau leather cleaner untuk interior berbahan kulit, air dalam sprayer dan lap microfiber berwarna terang,” katanya.

Baca juga: Versi Facelift Siap Meluncur, Ini Harga Agya dan Ayla Bekas

Ilustrasi jok sintetisStanly/Otomania Ilustrasi jok sintetis

Semprotkan cairan pembersih ke sikat, lalu gosok secara memutar ke bagian-bagian di interior. Kalau kotoran agak susah dibersihkan, bisa gunakan sikat yang lebih kasar.

“Hati-hati untuk bagian dasbor yang banyak piranti elektrik, langsung lap dengan microfiber seluruh bagian yang dibersihkan. Pastikan juga sela-sela tombol elektrik kering,” ucap Yoga.

Yoga mengatakan, untuk bagian plafon sebaiknya jangan dibersihkan menggunakan sikat jenis apapun. Tapi cukup gunakan microfiber yang agak basah, sambil disemprotkan cairan pembersih.

Baca juga: Naik Bus Double Decker Lebih Enak di Atas atau di Bawah?

Ilustrasi Air Purifier untuk mobilSharp Ilustrasi Air Purifier untuk mobil

“Gerakannya tempel microfiber ke plafon, lalu tekan sambil diputar. Setelah itu keringkan dgn microfiber kering,” ujarnya.

Pada jok berbahan kulit, usai dibersihkan dapat dilapis dengan leather protectant untuk melindung permukaan dari sinar UV.

“Pastikan protectant yang digunakan tidak memiliki efek glossy, yang justru membuat debu cepat menempel dan berbahaya karena menyilaukan. Sementara untuk jok bahan fabric, setelah dibersihkan, pastikan kering total menggunakan vacuum cleaner,” kata Yoga.

Yoga juga menyarankan, untuk menggunakan air purifier yang dijual secara bebas di pasaran. Tujuannya untuk memurnikan udara untuk mengeluarkan partikel nano yang bisa membunuh virus atau bakteri.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X