Mungkinkah Jakarta-Yogyakarta Pulang Pergi Tanpa Isi Bensin?

Kompas.com - 17/03/2020, 14:30 WIB
Kompas.com Otomotif Challenge KOMPAS.comKompas.com Otomotif Challenge

JAKARTA, KOMPAS.COM - Berkendara jauh dengan konsumsi bahan bakar yang irit menjadi impian pemilik mobil dimanapun.

Tidak terkecuali di Indonesia, terutama pulau Jawa, yang saat ini memiliki akses jalan tol trans Jawa yang memudahkan mobilitas antar kota.

Terkait konsumsi bahan bakar ini, Kompas.com mendapat tantangan dari salah satu pembaca yang memberikan komentar di salah satu artikel.

Isi tantangan tersebut adalah apakah redaksi berani membuktikan keiritan kendaraan dengan sekali pengisian bahan bakar dengan perjalanan dari Jakarta menuju Yogyakarta dan kembali ke Jakarta.

Baca juga: Gaya Mengemudi Irit BBM Itu Bisa Dipelajari!

Redaksi awalnya pesimis menanggapi tantangan ini. Wajar saja karena jarak antara Jakarta sampai Yogyakarta sekitar 550 kilometer, artinya dengan pulang pergi jaraknya bisa menjadi sekitar 1.100 kilometer.

Pemikiran lainnya adalah jenis mobil yang dipilih untuk digunakan dalam tantangan ini. Awalnya redaksi mencari jenis mobil yang terhitung irit seperti mesin berkapasitas kecil namun ini juga terkendala dengan volume tangki yang kecil.

Beruntung komentar pembaca tersebut tidak menyebutkan jenis mobil yang harus digunakan dalam tantangan. Maka pilihannya meluas, sehingga tercetus konsep menguji mobil hibrida, yang memang digadang-gadang sangat efesien soal urusan bahan bakar.

Indikator bensin hmsmotoblog.wordpress.com Indikator bensin

Di pasaran saat ini tersedia beberapa pilihan mobil hybrid, dan paling baru yang masih hangat adalah sedan keluaran Toyota, yakni Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle alias Prius PHEV.

Jenis mobil PHEV ini menjadi pilihan karena menyediakan dua tenaga sebagai penggerak. Pertama adalah listrik dan kedua hadir dari mesin bensin. Redaksi pun mencoba mencari ketersediaan unit yang ada di ATPM saat merencanakan perjalanan ini.

Baca juga: Menjelajah Banyuwangi-Bali Naik Hybrid, Terasa Tidak Istimewa

PHEV ini termasuk unik sebab penggunannya dapat menambahkan tenaga listrik langsung dari sumber listrik di manapun berada termasuk saat di rumah. Ini akan membuat konsumsi bensin dapat digantikan motor listrik selama beberapa kilometer (km) perjalanan.

Toyota Prius Prime menjadi andalan di segmen Plug-in Hybrid, segera dijual akhir 2019 ini.TOYOTA Toyota Prius Prime menjadi andalan di segmen Plug-in Hybrid, segera dijual akhir 2019 ini.

Prius PHEV ini adalah model kendaraan ramah lingkungan yang sudah diperkenalkan Toyota pada 2019 lalu. Kompas.com sendiri sudah pernah menjajal sedan ini di beberapa kesempatan.

Setelah mendapatkan kendaraan untuk tantangan ini, Kompas.com pun bersiap melakukan perjalanan.

Redaksi memberi judul tantangan ini sebagai Kompas.com Otomotif Challengge (KOC) dengan target pergi ke Yogyakarta hingga kembali ke Jakarta dengan sekali pengisian bahan bakar.

Seperti apa kelanjutan tantangan ini? Simak terus di artikel Kompas.com Otomotif Challenge.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X