Naik Bus Double Decker Lebih Enak di Atas atau di Bawah?

Kompas.com - 16/03/2020, 17:23 WIB
Bus Lorena dan Karina Double Decker Stanly/KompasOtomotifBus Lorena dan Karina Double Decker

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus antar kota antar provinsi (AKAP) saat ini memiliki banyak pilihan model. Tidak hanya model dek tunggal, model-model seperti double decker, suites class, ataupun high deck bisa menjadi pilihan penumpang.

Naik bus yang memiliki dua dek bisa menjadi pengalaman baru ketika bepergian. Duduk di bagian atas ataupun bawah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Ahmad Maimun Fikri, pemerhati transportasi bus, mengatakan, duduk di bagian atas bus tingkat disarankan untuk orang yang senang melihat pemandangan.

Baca juga: Hari Ini Tarif Ojek Online di Jabodetabek Resmi Naik

Pemandangan yang dapat dilihat penumpang bus trans Jawa berjenis double decker.KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEAN Pemandangan yang dapat dilihat penumpang bus trans Jawa berjenis double decker.

“Kalau duduk di tingkat ke dua bagian depan, cocok untuk orang yang senang melihat pemandangan. Posisinya yang langsung menghadap ke depan dan dekat dengan kaca, pandangan menjadi lebih luas,” ucap Fikri kepada Kompas.com, Senin (16/3/2020).

Selain itu, duduk di bagian atas memiliki posisi yang lebih tinggi dibanding kendaraan lain, jadi bisa lebih puas melihat pemandangan. Namun ada sedikit kekurangan dari duduk di bagian atas, yaitu silau dari cahaya matahari.

“Jika duduk di atas bagian depan dan menghadap matahari, pasti silau, itu saja paling kekurangannya. Hal itu bisa dikurangi dengan naik bus yang berangkatnya malam hari,” ucap Fikri.

Baca juga: Benarkah Mitos Sopir Bus AKAP Kedua Lebih Jago Dari yang Pertama?

Bagi penumpang yang ingin duduk di bagian bawah, lebih cocok untuk beristirahat atau tidur. Hal ini disebabkan posisinya yang rendah, sejajar dengan kendaraan lain ketika berjalan. Jadi pemandangannya terhalang oleh kendaraan lain.

“Karena posisinya rendah, duduk di bawah pemandangannya terbatas. Sejajar dengan bagasi bus biasa atau bagian bawah truk. Jadi ya pilihan kembali ke penumpang, disesuaikan dengan kebutuhannya,” ujar Fikri.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X