Salin Artikel

Cara Benar Menjaga Interior Mobil Tetap Steril

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah menyebarnya virus corona, pemilik kendaraan harus bisa menjaga kondisi interior tetap bersih.

Sebab tak hanya virus, beragam kotoran dan bakteri bisa bertahan lama jika mobil jarang dibersihkan.

Kebetulan pemerintah tengah menganjurkan siapa saja untuk beraktivitas di rumah, untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Stefanus Yoga, pemilik Detailworks Motospa di Bintaro, Jakarta Selatan, mengatakan, proses pembersihan interior dapat dilakukan secara mandiri mengandalkan alat-alat yang sederhana.

“Pertama-tama, bisa dimulai dengan membuang seluruh sampah atau menurunkan barang yang tidak terpakai di mobil,” ujar Yoga, kepada Kompas.com (17/3/2020).

Jika sudah tak ada sampah, Anda bisa menyedot debu-debu di interior menggunakan vakum cleaner. Lakukan mulai dari selipan-selipan di dasbor, kisi-kisi AC, cup holder, door trim, jok, hingga lantai.

“Siapkan sikat khusus interior, seperti sikat kecil, interior cleaner atau all purpose cleaner, atau leather cleaner untuk interior berbahan kulit, air dalam sprayer dan lap microfiber berwarna terang,” katanya.

Semprotkan cairan pembersih ke sikat, lalu gosok secara memutar ke bagian-bagian di interior. Kalau kotoran agak susah dibersihkan, bisa gunakan sikat yang lebih kasar.

“Hati-hati untuk bagian dasbor yang banyak piranti elektrik, langsung lap dengan microfiber seluruh bagian yang dibersihkan. Pastikan juga sela-sela tombol elektrik kering,” ucap Yoga.

Yoga mengatakan, untuk bagian plafon sebaiknya jangan dibersihkan menggunakan sikat jenis apapun. Tapi cukup gunakan microfiber yang agak basah, sambil disemprotkan cairan pembersih.

“Gerakannya tempel microfiber ke plafon, lalu tekan sambil diputar. Setelah itu keringkan dgn microfiber kering,” ujarnya.

Pada jok berbahan kulit, usai dibersihkan dapat dilapis dengan leather protectant untuk melindung permukaan dari sinar UV.

“Pastikan protectant yang digunakan tidak memiliki efek glossy, yang justru membuat debu cepat menempel dan berbahaya karena menyilaukan. Sementara untuk jok bahan fabric, setelah dibersihkan, pastikan kering total menggunakan vacuum cleaner,” kata Yoga.

Yoga juga menyarankan, untuk menggunakan air purifier yang dijual secara bebas di pasaran. Tujuannya untuk memurnikan udara untuk mengeluarkan partikel nano yang bisa membunuh virus atau bakteri.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/17/160100715/cara-benar-menjaga-interior-mobil-tetap-steril

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.