Kenapa Toilet Bus Posisinya di Tengah atau Belakang?

Kompas.com - 17/03/2020, 08:12 WIB
toilet dalam bus Kompas.com/Fathan Radityasanitoilet dalam bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus dengan trayek jarak jauh seperti Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) biasanya dilengkapi dengan toilet. Fasilitas ini sangat membantu penumpang yang ingin buang air ketika bus sedang berjalan.

Toilet yang ada di bus tidak disarankan untuk buang air besar, hanya untuk pipis saja. Bicara toilet, ternyata letaknya berbeda-beda, tergantung model bus. Ada yang di tengah kabin, pun di bagian belakang kabin.

Lalu apa yang menyebabkan posisi toilet itu berbeda-beda?

Baca juga: Di Sirkuit Kawasaki Ninja 250 4-Silinder Bisa Tembus 162 Kpj

Toilet di tengah kabin busKompas.com/Fathan Radityasani Toilet di tengah kabin bus

Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana, pembuat bodi bus, mengatakan, pembuatan toilet menyesuaikan dari keinginan pemesan bodi. Selain itu pilihan sasis memengaruhi posisi dari toilet tersebut.

“Kalau pakai sasis Hino, biasanya di belakang, bagian kanan atau kiri sesuai permintaan. Sasis yang premium seperti Scania K360 atau Mercedes 1836, posisi toiletnya di bagian tengah,” ucap Werry kepada Kompas.com, Minggu (16/3/2020).

Baca juga: [VIDEO] Melihat Sepeda Motor Milik Polisi Jujur Jenderal Hoegeng

Jika menggunakan sasis Hino, sebenarnya toilet bisa saja di tengah, hanya saja lebih memakan ruang. Untuk sasis premium hanya bisa di tengah, karena jika ke belakang bus, bisa mentok dengan radiator.

“Pembuatan toilet biasanya memakan ruang dua sampai empat kursi. Posisi toilet di sasis Hino berada di belakang bus untuk menghemat ruang kabin. Biasanya konstruksi sasisnya berbeda, jadi yang premium posisi toiletnya hanya bisa di tengah,” ucap Werry.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X