Ramai Virus Corona, Pelayanan SIM Tetap Buka

Kompas.com - 17/03/2020, 08:02 WIB
Petugas ruang Simulator Ujian Surat Ijin Mengemudi (SIM) C atau kendaraan roda dua di Satlantas Mapolrestabes Kota Bandung, Jawa Barat, mendampingi peserta ujian yang menggunakan alat ini, Kamis (8/2/2012). Dari enam alat simulator yang ada hanya dua alat yang berfungsi. Selama ini tidak ada teknisi khusus untuk memperbaiki alat tersebut sehingga petugas setempat yang berusaha memperbaikinya sendiri. KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOPetugas ruang Simulator Ujian Surat Ijin Mengemudi (SIM) C atau kendaraan roda dua di Satlantas Mapolrestabes Kota Bandung, Jawa Barat, mendampingi peserta ujian yang menggunakan alat ini, Kamis (8/2/2012). Dari enam alat simulator yang ada hanya dua alat yang berfungsi. Selama ini tidak ada teknisi khusus untuk memperbaiki alat tersebut sehingga petugas setempat yang berusaha memperbaikinya sendiri.

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah kantor instansi pemerintah maupun swasta mulai menutup kegiatan operasional dan meminta para pegawai bekerja di rumah. Keputusan yang diambil untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 di Indonesia, terutama kota-kota besar.

Para karyawan juga diminta mengurangi aktivitas di luar dan mengerjakan berbagai kegiatan di rumah.

Meski begitu, sejumlah instansi yang bergerak dalam bidang pelayanan dan jasa masih harus beroperasi. Salah satunya layanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) khususnya di wilayah DKI Jakarta.

Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin Hanggara, mengatakan, pihaknya masih membuka layanan meski virus corona telah ditetapkan sebagai pandemi di Indonesia.

Baca juga: Hari Ini Tarif Ojek Online di Jabodetabek Resmi Naik

Pelayanan SIM Keliling di Universitas Trilogi Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (17/6/2019)KOMPAS.com / Walda Marison Pelayanan SIM Keliling di Universitas Trilogi Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (17/6/2019)

“Kami masih melaksanakan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Hedwin kepada Kompas.com (16/3/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polda Metro Jaya tetap membuka layanan penerbitan dan perpanjangan SIM.

Begitu juga dengan layanan mobil SIM keliling yang biasanya tersebar di lima wilayah DKI Jakarta. Hedwin menambahkan, layanan tersebut masih buka sesuai dengan jam operasionalnya.

Baca juga: Model Baru Siap Meluncur, Intip Harga Mobil Bekas Agya-Ayla

Fasilitas bagi pemohon SIM di Satpas Daan Mogot tengah dibersihkan dengan cairan desinfektan untuk mencegah virus corona.Istimewa Fasilitas bagi pemohon SIM di Satpas Daan Mogot tengah dibersihkan dengan cairan desinfektan untuk mencegah virus corona.

Bahkan pada Senin (16/3/2020), menurutnya jumlah pemohon SIM yang mendaftar tidak mengalami penurunan.

“Masih normal seperti biasa, tidak sepi. Pelayanan kami laksanakan sampai selesai melayani masyarakat yang terakhir,” kata Hedwin.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.